Sukses

Polda Jatim Tunda Laga Persebaya Vs Arema FC Karena Faktor Keamanan

Polda Jawa Timur (Jatim) dan tim kesebelasan kesayangan Arek Suroboyo, Persebaya, kompak minta menunda laga kandang melawan Arema FC yang rencananya digelar pada Minggu 5 Maret 2023.

Liputan6.com, Surabaya - Polda Jawa Timur (Jatim) dan tim kesebelasan kesayangan Arek Suroboyo, Persebaya, kompak minta menunda laga kandang melawan Arema FC yang rencananya digelar pada Minggu 5 Maret 2023.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengungkapkan, pihaknya tidak mengeluarkan rekomendasi atau izin pertandingan Persebaya Surabaya lawan Arema FC lantaran hasil analisa faktor keamanan.

"Pertandingan Persebaya melawan Arema direkomendasikan ditunda. Stadion Gelora Bung Tomo yang layak dan merupakan home base Persebaya tak bisa digunakan karena untuk persiapan Piala Dunia," ujarnya, Jumat (3/3/2023).

Kemudian, lanjut Kombes Dirmanto, adanya resiko pertandingan. Suporter Persebaya dengan Arema punya sejarah rivalitas yang tinggi. "Sehingga, pelaksanaan pertandingan kami rekomendasikan di luar Jatim dan tanpa penonton," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Manajer Tim Persebaya, Yahya Alkatiri. Pihaknya permintaan penundaan laga melawan Arema FC sebab tak ada jaminan tanggung jawab dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait keamanan pertandingan.

"Lawan Arema memang kami meminta laga ditunda dan PT LIB menyetujui permintaan tersebut," ujar Yahya.

Yahya mengatakan, faktor keamanan menjadi pertimbangan karena laga big match yang memiliki sejarah panjang di tiap pertemuan kedua tim. Terakhir, terjadinya Tragedi Kanjuruhan di putaran pertama yang menewaskan 135 korban jiwa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terlalu Beresiko

Apalagi, stadion-stadion yang ada saat ini nilai akreditasinya rendah. Sehingga sangat berisiko apabila pertandingan tetap dipaksakan digelar.

"Terlalu berisiko. Kecuali, ada pihak lain yang mau bertanggungjawab karena Panpel Persebaya sudah menghitung kalau ini dilakukan di stadion akreditasi rendah akan berbahaya," ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.