Sukses

5 Orang Terluka Akibar Longsor Jalan Trenggalek-Ponorogo, Pajero dan Granmax Tertimpa Pohon

Liputan6.com, Trenggalek - Sedikit lima orang terluka akibat longsor di jalan nasional Trenggalek-Ponorogo Km 18, Trenggalek, Minggu sore 26 Februari 2023.

Dua unit mobil, masing-masing satu unit Toyota Pajero dan Daihatsu Granmax tertimpa pohon tumbang, sehingga menyebabkan lima dari 10 penumpang berikut sopir mengalami luka trauma di beberapa bagian tengah tubuh.

"Longsor juga menyebabkan kemacetan lalu lintas cukup parah hingga beberapa jam," kata Kapolsek Tugu AKP Anwar, di Trenggalek, Senin (27/2/2023), dikutip dari Antara.

Sekitar pukul 20.40 WIB arus lalu lintas dapat dilalui kendaraan dengan normal setelah petugas melakukan evakuasi pada dua pohon tumbang jenis sengon buto milik Perum Perhutani dengan diameter 1,5 meter dan tinggi 15 meter yang tumbang.

“Dan menutup badan jalan. Selain itu material tanah longsor di Km 16,5 juga menutup sebagian badan jalan, jadi ada dua titik. Pukul 20.40 WIB arus lintas sudah lancar, namun kami imbau kepada masyarakat untuk waspada saat melintas," ujarnya.

Anwar menjelaskan, sebelum terjadi pohon tumbang dan tanah longsor itu, wilayah Kecamatan Tugu dilaporkan terjadi hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang sejak pukul 15.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

Selain itu, banjir genangan juga terjadi di jalan depan Balai Desa Dermosari, Kecamatan Tugu akibat luapan air di sungai sekitar. Pengendara diimbau waspada saat melintas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BPBD Lakukan Evakuasi

Kepala BPBD Kabupaten Trenggalek Triadi Atmono mengatakan, pasca terjadi peristiwa itu, petugas gabungan terdiri dari TNI-Polri, BPBD, Balai Besar Jalan Nasional dan pihak terkait lainnya dibantu masyarakat langsung diterjunkan ke lokasi kejadian untuk proses evakuasi.

Evakuasi itu membutuhkan waktu sekitar hampir empat jam karena tingkat kesulitan medan.

Untuk proses evakuasi itu, petugas harus memotong pohon yang menutup jalan dan mengerahkan alat berat untuk memindahkan material longsor.

Triadi merinci, ada 11 orang dari dua mobil yang tertimpa pohon tumbang itu. Sembilan orang terdiri dari penumpang dewasa dan anak-anak berada di mobil nomor polisi AG 1307 YS dan dua orang di mobil AB 8967 RB.

Sebanyak lima orang dari mobil nomor polisi AG 1307 YS itu harus menjalani perawatan di rumah sakit, sementara yang lainnya selamat, tidak mengalami luka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.