Sukses

38 Juta Wisatawan Ditargetkan Datang ke Jatim, Industri MICE Digenjot Tumbuh 20 Persen

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Hudiyono memprediksi adanya lonjakan wisatawan di Jatim. Sebab, Pemerintah Pusat menargetkan adanya 38 juta wisatawan yang datang ke Jatim.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Hudiyono memprediksi adanya lonjakan wisatawan di Jatim. Sebab, Pemerintah Pusat menargetkan adanya 38 juta wisatawan yang datang ke Jatim.

"Ini menjadi peluang perusahaan MICE untuk inovasi. Sehingga pariwisata dengan adanya MICE akan semakin berkualitas," ujarnya usai menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) IX Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) Jatim, di Surabaya, Kamis (2/2/2023).

Ketua DPD Asperapi Jatim Yusuf Karim Ungsi berharap kegiatan Meeting Incentive Convention Exhibition (MICE) di Jatim dapat tumbuh sebesar 20 persen di 2023, seiring dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Selain itu, lanjut Yusuf, industri MICE belum sepenuhnya pulih pasca-pandemi Covid-19. Namum pihaknya optimistis tahun ini menjadi kebangkitan industri MICE setelah Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengungkapkan kemungkinan tidak ada resesi.

"Kami berharap industri MICE di Jatim akan tumbuh 20 persen, karena PPKM sudah dicabut. Kenaikan itu memang belum membuat industri normal seperti sebelum pandemi Covid-19, tapi setidaknya tumbuh terlebih dahulu," ucapnya.

Yusuf mengungkapkan, kegiatan Musda IX Asperapi Jatim harusnya dilaksanakan pada September 2022.

"Namun karena MICE di akhir tahun meningkat, dan juga karena masih adanya PPKM, jadi kami hanya mengandalkan agenda-agenda dari pemerintah. Jadi musda baru bisa dilaksanakan awal tahun. Di awal tahun 2023, Musda IX  menjadi momentum agar Asperapi dikenal dulu," ujarnya.

Untuk itu dia menggandeng semua pihak, yakni Pemprov Jatim, Pemerintah Kota Surabaya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim untuk berkolaborasi mengenalkan industri MICE.

"MICE di Jatim diharapkan menjadi pemicu kebangkitan ekonomi. salah satunya kami meluncurkan slogan 'Bikin Mice di Jatim saja'. Bayangkan jika dokter kumpul di Jatim, Nahdlatul Ulama bikin peringatan 1 Abad di Sidoarjo, berapa uang yang akan terkumpul? Roda ekonomi berputar," ucap Yusuf.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Kadin Jatim

Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto menyatakan pihaknya sangat mendukung Asperapi untuk mengenalkan industri MICE di Jatim.

"Kadin Jatim sangat mendukung karena MICE karena salah satu kegiatan untuk mendukung acara. MICE ini industri layanan, sehingga tidak hanya sekadar melaksanakan pameran tapi harus bisa menjamin mendatangkan pembeli. Kalau pariwisata harus bisa mendatangkan wisatawan internasional," ujarnya.

Diketahui, pada Musda XI tersebut, Yusuf Karim Ungsi kembali terpilih sebagai Ketua DPD Asperapi Jatim periode 2023-2026 secara aklamasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.