Sukses

Menyusuri Kecantikan Labuhan Merak, Destinasi Wisata Baru Andalan Situbondo

Destinasi wisata Labuhan merak terletak di Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo. Dusun yang berada di kawasan konservasi Taman Nasional Baluran tersebut, saat ini mulai dikenal para wisatawan.

Liputan6.com, Situbondo - Kabupaten Situbondo kini mempunyai destinasi wisata pantai andalan yang baru, selain pantai Pasir Putih. Namanya wisata pantai Labuhan Merak.

Destinasi wisata Labuhan merak terletak di Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo. Dusun yang berada di kawasan konservasi Taman Nasional Baluran tersebut, saat ini mulai dikenal para wisatawan.

Di pantai Labuhan Merak atau yang lebih dikenal wisata Merak- Baluran ini tersimpan sejumlah destinasi wisata pantai yang masih sangat alami.

Objek wisata pantai Merak- Baluran ini masih dalam satu kawasan juga dengan Pantai Sijile, Pantai Bilik, Pantai Merak, Pantai Lempuyang, Pantai Kakapa, Pantai Balanan, Pantai Sirondo dan Pantai Batu Hitam

Bagi anda yang ingin berlibur ke Labuhan Merak yang letaknya berada di sisi utara Taman Nasional Baluran ini hanya membutuhkan waktu satu jam perjalanan mengendarai Mobil maupun kendaraan roda dua dari arah Kota Situbondo.

Sebelum masuk ke kawasan Pantai Labuhan Merak, para wisatawan terlebih dahulu akan memasuki gerbang masuk Taman Nasional Baluran wilayah Karang Tekok. Kemudian anda harus mengambil jalur kiri (lurus jalur pantura arah Banyuwangi).

Lima menit pertama perjalanan dari pintu masuk arah wisata Merak-Baluran, pengunjung akan tiba di Pos Jaga  Pengelolaan Taman Nasional Baluran Watunumpuk. Di pos ini, sekaligus anda akan diarahkan untuk membeli tiket masuk. Untuk harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp 6.000 per orang.

Kemudian, anda bisa melanjutkan perjalanan sejauh 7 kilometer menyusuri belantara hutan Taman Nasional Baluran. Selama perjalanan  akases masuk ke Labuhan Merak telah dibangun menjadi jalan makadam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Panorama Pantai Bilik

Sebelumnya jalan dari Dusun Sidomulyo menuju Labuhan Merak hanya jalan setapak dan sulit dilalui. Telebih lagi pada saat musim hujan, jalur darat satu-satunya ini tidak bisa dilewati karena licin. Jika ingin ke dusun tetangga warga, harus memilih jalur laut menggunakan perahu.

Sekitar 15  menit perjalanan dari pos pembelian tiket masuk, pengunjung akan disuguhi  panorama Pantai Bilik. Di Pantai ini bisa menjadi tempat istirahat wisatawan sembari menikmati sejuknya suasana pantai. Di pantai bilik ini terbagi menjadi dua, yaitu teluk Bilik dan Semenanjung Blik.

Tak Jauh dari Pantai Bilik, ke arah barat daya sekitar 2 kilometer, pengunjung akan disuguhi pemandangan Pantai Sijile.

Pantai berpasir putih dan mempunyai dua murah yang terpecah daratan dan membentuk seperti lidah menjulur. Laut di Pantai Sijile juga dipenuhi trumbu karang hingga hutan bakau dan view Gunung Baluran.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah telah menyempatkan diri menikmati pemandangan alam pantai menaiki perahu karet disela-sela meresmikan pembangunan infrastuktur jalan le Labuhan Merak pada pertengan Januari 2023 lalu.

Bahkan Khofifah meyakini Pantai Sijile di kawasan Merak- Baluran ini bakal banyak dikunjungi wisatawan seiring telah rampungnya pembangunan infrastuktur jalan yang membelah Kawasan Taman Nasional Baluran.

“Saya optimis destinasi wisata Labuhan Merak ini terutama Pantai Sijile akan menjadi destinasi wisata paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Karena selain pantainya yang indah, sekarang akses jalanya juga sudah baik dan mudah dilalui wisatawan,”ujar Khofifah Indar Parawansa, beberapa waktu lalu.

3 dari 3 halaman

Wisata Edukasi

Setelah menempuh perjalanan dari Pantai Bilik (Arah Timur) sejauh 3 kilometer, anda akan tiba di Pantai Merak. Pantai Merak merupakan Dusun Labuhan Merak yang dihuni sekitar 1.000 Jiwa.

Di Labuhan Merak ini juga mulai dirancang menjadi wisata edukasi, yakni Kandang Komunal ternak sapi. Karena di dusun ini terdapat sekitar 4.000 ternak sapi milik warga setempat.

“Kedepan daerah ini kita rancanag menjadi wisata edukasi yaitu kendang komunal sapi. Karena disini banyak sekali ternak sapi mencapai ribuan. Dan itu milik masyarakat sekitar,”ujar Bupati Situbondo Karna Suwandi

Kemudian bergeser ke arah timur, anda akan Kembali disuguhi Pantai Lempuyang, Pantai Kakap, Pantai Sirondo hingga Pantai Batu Hitam.

Sementara di Pantai Balanan, cocok untuk wisatawan yang hobi menyelam atau snorkeling. Karena pantai ini trumbukarangnya sangat bagus dan dipenuhi dengan ikan hias. Anda tertarik, ayo berkunjung ke Kabupaten Situbondo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.