Sukses

Jatim Bakal Hadapi Cuaca Ekstrem Seminggu ke Depan, Ada Hujan Es?

Liputan6.com, Sidoarjo - Sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Timur (Jatim) diprediksi bakal mengalami cuaca ekstrem selama sepekan ke depan. Badan Meteoreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda itu disebabkan karena dinamika atmosfer yang cukup signifikan.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo Taufiq Hermawan mengatakan hasil analisis dinamika atmosfer di wilayah Jatim terkini menunjukkan adanya pola siklonik di Laut Jawa.

"Kondisi ini yang menyebabkan daerah konvergensi serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Timur," ujarnya di Sidoarjo, Selasa (15/11/2022).

Ia mengatakan aktifnya fenomena MaddenJulian Oscillation (MJO) serta suhu muka laut di perairan Jawa Timur masih hangat dengan anomali antara +0.5 sampai dengan +2.5 derajat Celsius, sehingga suplai uap air akan semakin banyak di atmosfer.

"Kondisi tersebut mempengaruhi pembentukan awan-awan Cumulonimbus yang semakin intens dan dapat mengakibatkan cuaca ekstrem seperti hujan deras, angin kencang, puting beliung dan hujan es," ucapnya.

Ia mengatakan terdapat beberapa wilayah yang patut diwaspadai memiliki potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti genangan air, banjir, banjir bandang, angin kencang, puting beliung, hujan es maupun tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi.

Wilayah tersebut di antaranya Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Kabupaten Kediri, Kabupaten dan Kota Blitar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Diminta Waspada

Kemudian, Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kota Batu, Kabupaten dan Kota Malang, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang serta Sumenep.

Ia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap dampak bencana hidrometeorologi dan bisa memantau informasi terkini berdasarkan citra radar cuaca/WOFI melalui laman (juanda.jatim.bmkg.go.id/radar).

"Selain itu juga bisa dilihat informasi peringatan dini informasi terkini yang selalu kami share melalui website http://www.juanda.jatim.bmkg.go.id," tutur dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS