Sukses

Aplikasi Sewa Mobil Hadir di Surabaya, Sehari Cuma Rp 300 Ribu

Head of Supply Trevo Aurelius Wisnu mengungkapkan, para host Trevo di Surabaya saat ini rata-rata menyediakan mobil dengan harga sewa per hari antara Rp 300 sampai Rp 400 ribu rupiah.

Liputan6.com, Surabaya - Aplikasi sewa mobil (Trevo) kini hadir di Surabaya. Marketplace online yang mempertemukan "guest" yang membutuhkan mobil dengan "host" yang menyewakan mobil untuk jangka waktu yang dibutuhkan, bisa sehari, seminggu, bahkan sebulan.

Head of Supply Trevo Aurelius Wisnu mengungkapkan, para host Trevo di Surabaya saat ini rata-rata menyediakan mobil dengan harga sewa per hari antara Rp 300 sampai Rp 400 ribu rupiah.

"Seperti Daihatsu Sigra dan Toyota Avanza, karena tipe mobil city car dan family car inilah yang sejauh ini terbukti paling laku di pasaran," ujarnya, Kamis (10/3/2022).

Aurelius mengatakan, mobil bisa disewa secara lepas kunci atau dengan supir, dan ini menjadi solusi lebih praktis jika seorang guest perlu mengunjungi beberapa titik dalam satu hari dibanding harus berulang kali pesan mobil lewat aplikasi berbagi tumpangan.

"Dengan Trevo, selain lebih praktis dan ekonomis, para guest di Surabaya bisa dapat mobil "pribadi" yang diantar langsung ke alamat rumahnya dalam kurun maksimum tiga jam," ucapnya.

Aurelius menjelaskan, ada dua alasan inti kenapa pihaknya mengembangkan Trevo di Indonesia. Pertama dari segi pengguna, sejak pertama beroperasi di Jakarta pada Desember 2020, pihaknya mengamati bahwa guest Trevo umumnya dikisaran usia generasi Z dan Millennial.

"Mereka adalah generasi yang lebih mengutamakan pengalaman dan utilitas. Dengan kata lain, mereka yang ingin menggunakan mobil, tapi tidak ingin memiliki mobil,” ujarnya.

Aasan kedua, lanjut Aurelius, adalah nilai depresiasi sebuah mobil cukup tinggi, padahal biaya yang dikeluarkan untuk memiliki mobil sangat besar.

"Hasil riset pasar, sebuah mobil rata-rata dianggurin selama 20 jam sehari, cicilan mobil merupakan pengeluaran rumah tangga terbesar kedua, dan 54 persen rumah tangga memiliki lebih dari satu kendaraan,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Bonus

Aurelius menyampaikan, di platform Trevo ada dua aplikasi terpisah buat jadi guest maupun host. Di keduanya cukup mengisi sejumlah data pribadi di aplikasi dan mengunggah selfie sambil memegang kartu identitas.

"Tim customer service hanya butuh waktu maksimum tiga hari buat verifikasi data dan apabila semua data sudah terverifikasi, maka guest sudah bisa mencari mobil di platform Trevo," ujarnya.

Saat berhasil pemesanan dan mobil telah diantar ke titik pengantaran, guest diminta untuk melakukan inspeksi, keempat sisi mobil dan posisi spidometer dipotret dengan ponsel, dan kemudian diunduh ke aplikasi.

"Proses pemotretan diulang kembali saat mengembalikan mobil, untuk memastikan mobil dikembalikan dalam kondisi sedia kala," ucap Aurelius.

Ketika pemesanan perdana, kata Aurelius, seorang guest akan diberi kode referral dan apabila kode tersebut kemudian dipakai oleh teman atau keluarga, maka guest tersebut akan diberi bonus.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.