Sukses

Pansus KBN DPRD DKI Terkesima Pengelolaan Bisnis PT Sier Surabaya, Apa Menariknya?

Menurutnya, kawasan industri yang sahamnya dimiliki pemerintah pusat, Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya ini berhasil mengembangkan bisnisnya.

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Panitia Khusus (Pansus) Kawasan Berikat Nusantara (KBN) DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga terkesima dengan sistem pengelolaan bisnis PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Menurutnya, kawasan industri yang sahamnya dimiliki pemerintah pusat, Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya ini berhasil mengembangkan bisnisnya.

“Kami dari Pansus KBN DPRD DKI Jakarta ingin melihat, menggali informasi bagaimana strategi pengembangan bisnis SIER. Dan ternyata sangat luar biasa. Mereka bisa berkembang pesat sejak didirikan. Banyak inovasi yang bisa menambah penghasilan perusahaan,” tuturnya saat kunjungan ke SIER Surabaya, Kamis (16/12/2021).

Dia mengatakan, kunjungan kerja ke SIER sebenarnya sudah dijadwalkan pada tahun lalu. Namun karena pandemi Covid-19 yang melonjak, akhirnya baru bisa dilakukan pada akhir tahun ini.

“Kami ke SIER karena ada kesamaan bisnis dengan KBN. Sehingga kami berharap nanti bisa membuatkan rekomendasi-rekomendasi di pansus,” katanya.

Setelah mendengarkan paparan dari jajaran direksi SIER, kata Pandapotan, SIER memiliki kelebihan dibanding KBN. Salah satu yang paling menonjol adalah sistem pengelolaannya, sistem pengelola usahanya dan sifat pengembangannya.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, meski SIER melakukan bisnis utama berupa menjual lahan, tapi SIER masih sustainable karena begitu di Rungkut Surabaya penuh mereka kembangkan di Rembang Pasuruan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Rekomendasi

“Ini nanti yang bisa kami buat rekomendasi. Bahwa di Surabaya saja bisa mengembangkan bisnis kawasan industri yang maju, yang banyak kegiatan bisnisnya sehingga bisa menambah atau memberikan pendapatan kepada pemerintah berbentuk PAD dan pendapatan negara,” ujar Pandapotan.

Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono mengatakan, SIER merasa sangat terhormat dengan kunjungan kerja Pansus KBN DPRD DKI Jakarta. Apalagi tujuannya adalah studi komparasi sistem bisnis kawasan industri khususnya dengan KBN.

“Kami juga mendapatkan banyak masukan dari rombongan DPRD DKI Jakarta saat diskusi, terima kasih atas apresiasinya, ini semua karena peran berbagai pihak, khususnya kerja keras semua karyawan sehingga meski dihajar pandemi SIER masih bisa membukukan laba," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.