Sukses

Upaya Warga Kembalikan 3 Lumba-Lumba Terdampar di Tulungagung

Lumba-lumba ini diketahui terdampar sekitar pukul 06.30 WIB, dua ekor berhasil dievakuasi kembali ke laut sementara satu masih upaya penyelamatan.

Liputan6.com, Tulungagung Tiga ekor lumba-lumba jenis electra (peponocephala electra) terdampar di Pantai Sidem, Tulungagung, Jawa Timur pada Minggu (5/9/2021). Mamalia laut yang dikenal dengan paus kepala melon ini didorong kembali ke laut agar bertahan hidup.

Dua lumba-lumba itu berhasil didorong masuk ke perairan dalam oleh penjaga pantai dibantu warga sekitar. Hingga Minggu malan, satu lumba-lumba masih belum berhasil kembali ke habitatnya.

Sejumlah relawan pecinta satwa yang datang kemudian berusaha menjaga posisi badan tegak dengan kepala menghadap laut agar hidung tetap berada di dalam air. Mereka juga mendorong mamalia laut itu agar berenang kembali ke tengah, dilansir dari Antara.

Namun, kendati sempat berhasil dan paus pembunuh kerdil tampak berenang ke area perairan yang lebih dalam, pada akhirnya satwa dilindungi yang memiliki habitat asli di perairan Jepang ini kembali terseret arus air pasang sehingga terdampar lagi ke pantai yang dangkal.

"Lumba-lumba ini diketahui terdampar sekitar pukul 06.30 WIB, dua ekor berhasil dievakuasi kembali ke laut sementara satu masih upaya penyelamatan," kata Penjaga Pantai Sidem, Yanto Eses.

Belum diketahui penyebab tiga ekor lumba-lumba electra atau paus pembunuh kecil ini terdampar. Dugaan sementara mereka terseret arus laut yang cukup keras saat mencari mangsa ikan kecil di perairan Pantai Popoh dan Sidem yang saling terhubung.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Basarnas Turun Tangan

Berjam-jam melakukan upaya evakuasi, dua ekor lumba-lumba akhirnya berhasil didorong ke tengah laut oleh para relawan dan wisatawan sekitar pukul 13.30 WIB.

Menurut Yanto, ikan ini sebenarnya sudah hampir berhasil ke tengah, namun terjangan ombak kembali membawa lumba-lumba ini ke tepian. "Mungkin tenaganya sudah habis," kata Yanto.

Lumba-lumba ini nampak sudah lemas, berkali-kali didorong ke tengah, kembali lagi ke tepian.

Kejadian satwa langka muncul dan terdampar di pesisir pantai sehari sebelumnya juga terjadi di Pantai Sine, Tulungagung dimana seekor bayi paus bungkuk (Megaptera novaeanglie) terseret arus hingga bibir pantai.

Mamalia laut anakan itu akhirnya berhasil didorong kembali ke tengah laut setelah berulang kali dilakukan percobaan oleh Basarnas dibantu warga sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.