Sukses

Tol Sidoarjo-Gresik Siap Beroperasi Akhir Oktober 2020

Pembangunan jalan tol Krian-Legundi-Bunder( KLB) yang menghubungkan Kabupaten Sidoarjo dan Gresik di Jatim sudah mencapai 99 persen

Liputan6.com, Surabaya- Pembangunan jalan tol Krian-Legundi-Bunder( KLB) yang menghubungkan Kabupaten Sidoarjo dan Gresik di Jatim sudah mencapai 99 persen. Jalan tol ini diperkirakan bisa beroperasi pada akhir Oktober mendatang.

Proses pembangunan sampai saat ini hanya menyisakan pengerasan badan jalan yang melintas di atas Tol Sumo (Surabaya-Mojokerto) sepanjang 200 meter. Tahap selanjutnya, meminta izin izin kepada Kementerian Pekerjaan Umum sekaligus menunggu sertifikat layak operasi (SLO).

"Tol ini sementara sampai Bunder Gresik, tetapi ke depan hingga Manyar Gresik yang sekarang masih proses," ujar Kepala Dinas Pekerja Umum (PU) Bina Marga Jatim Gatot Sulistyo, seperti yang dikutip dari Antara, Rabu (29/7/2020).

Saat ini, Dinas PU Bina Marga Jatim juga fokus kepada pembangunan tol Probolinggo-Lumajang yang sedang dalam tahap pembangunan 12 kilometer dari exit Probolinggo Timur sampai Gending. Tol Probolinggo-Lumajang yang panjangnya 28 kilometer sangat penting untuk segera dibangun karena arteri sekarang telah melebihi kapasitas volume kendaraan.

"Harapan kami segera terealisasi dan tol tersebut bisa sangat membantu kelancaran arus transportasi," ucapnya.

Berdasarkan catatan Dinas PU Bina Marga Jatim, pembangunan jalan tol di provinsi tersebut sejak 2017 hingga 2020, telah terbangun jalan Tol Mantingan-Mojokerto, Surabaya-Mojokerto, Porong-Gempol (relokasi), Gempol-Pasuruan, Pasuruan-Probolinggo, Gempol-Pandaan dan Pandaan-Malang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.