Sukses

Perkenalkan, Kotak Sterilisasi Uang ala Mahasiswa UM Surabaya

Liputan6.com, Surabaya Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya berinovasi menciptakan kotak sterilisasi uang sebagai salah satu solusi di tengah pandemi Corona Covid-19. Kotak yang diberi nama Box COVID-19 ini memanfaatkan sinar ultraviolet (UV).

Iman Ramdhan dan Putri Widia Ningrum memakai sensor ultrasonik di kedua sisi boks. Sensor ini mendeteksi gerakan tangan dan secara otomatis akan mengirimkan sinyal agar pintu boks terbuka.

Sementara, untuk membuka dan menutup pintu boks, memanfaatkan sensor servo sehingga tidak membutuhkan tombol tambahan. Saat uang masuk dan pintu menutup, secara otomatis sinar UV akan menyala selama 15 detik. Setelah 15 detik pintu juga akan keluar otomatis.

“Lamanya penyinaran sinar UV menjadi waktu ideal untuk menghilangkan mikroorganisme atau bakteri dari permukaan uang,” ujar Putri, mahasiswa Teknik Laboratorium Medik UM Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (1/5/2020). 

Ia memaparkan, berdasarkan uji mikroskop, uang yang disinari selama 15 detik bisa menghilangkan semua bakteri dan mikroorganisme. Selain itu, uang yang disterilkan dalam satu waktu maksimal 10 lembar sebab jika terlalu banyak tumpukan uang dikhawatirkan tidak maksimal saat penghilangan bakteri.

Rencananya, pihak kampus akan memproduksi temuan mahasiswa UM Surabaya ini dalam jumlah banyak dan dibagikan kepada pemilik warung nasi dan toko kelontong agar bisa digunakan saat bertransaksi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS