Sukses

Untag Surabaya Angkat Bicara soal Isu Mahasiswa Terjangkit COVID-19

Humas Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya, Karolin Risma mengimbau mahasiswa Untag tidak panik dan menyarankan mahasiswa jaga kesehatan serta daya tahan tubuh.

Liputan6.com, Surabaya - Humas Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya, Karolin Risma angkat bicara terkait kabar mengenai salah satu mahasiswanya positif virus corona baru (COVID-19). 

Dalam percakapan di media sosial dikabarkan mahasiswa S3 Untag Surabaya positif COVID-19 dan dia lolos dari Bandara Juanda. Mahasiswa itu sedang berada di dalam kampus. 

Karolin Risma menegaskan, kabar tersebut hoaks. Karolin memaparkan mahasiswa tersebut kurang sehat dan suhunya panas. Hal ini membuat mahasiswa lain khawatir dan tak melanjutkan kuliah. 

"Yang terjadi mahasiswa tersebut dalam kondisi suhu tubuh yang panas dan tidak sehat. Kondisi mahasiswa yang tidak sehat ini membuat rekan kuliah yang lain tidak ingin melanjutkan perkuliahan karena ada ketakutan bila ini adalah gejala atau indikasi Corona," tutur dia, Sabtu (14/3/2020). 

Karolin mengatakan, jika mahasiswa tersebut juga diketahui baru saja bepergian dari Batam, bukan dari luar negeri. Karolin menambahkan kejadian ini berlangsung siang tadi.

"Usai mahasiswa S3-nya memiliki gejala panas hingga flu, pihaknya melakukan langkah persuasif mengajak mahasiswa tersebut segera melakukan deteksi dini adanya virus Corona," ucap dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbau Mahasiswa Jaga Kesehaan dan Konsumsi Makanan Sehat

Selain itu, Karolin menyebut pihaknya juga langsung menunda perkuliahan di Sabtu dan Minggu ini. Sedangkan gedung yang ditempati, langsung dikunci dan besok akan disterilkan.

"Hal ini menyebabkan perkuliahan dan aktivitas di gedung pasca, dihentikan untuk hari ini. Besok akan dilakukan sterilisasi gedung pasca," ujar dia. 

Karolin mengimbau mahasiswa Untag untuk tidak panik. Dia menyarankan mahasiswa senantiasa menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan sehat bergizi, juga istirahat teratur. 

"Mohon tetap jaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Pastikan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, istirahat cukup dan jaga kebersihan tubuh. Hindarkan menyentuh wajah dengan tangan. Pastikan mencuci atau membersihkan tangan dengan desinfektan," ucapnya. 

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.