Sukses

Punya 1000 Lagu, Berapa Royalti yang Diterima Rhoma Irama?

Royalti Anugerah Indonesia (RAI) menyampaikan kalau Rhoma Irama memuncaki daftar pencipta lagu dengan memiliki 1000 tembang dangdut.

Fakta unik disampaikan Royalti Anugerah Indonesia (RAI) saat membagikan royalti untuk insan dangdut di Jatiwaringin, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. Dari data yang dimiliki RAI, Rhoma Irama memuncaki daftar pencipta lagu dengan memiliki 1000 tembang dangdut. Hmm, kira-kira, berapa royalti yang diterima sang Raja Dangdut setiap bulannya?

Rhoma berkiprah di pentas dangdut sejak era 70an. Bersama Soneta Band, ia menciptakan ratusan tembang hits, diantaranya Begadang, Darah Muda, dan Kereta Malam. Inilah yang membuat Rhoma menjadi penerima royalti terbesar.

"Ini pembagiannya jelas banget. Pembagiannya dihitung berapa banyak menciptakan lagu dan bagaimana lagu itu diputar. Jadi beda-beda setiap pencipta lagu. H. Rhoma Irama yang paling besar dapatnya karena banyak karyanya. Dia dapat Rp 50 juta sebulan. Itu paling tinggi diantara pedangdut yang lain," kata ketua Asosiasi Hak Cipta Dangdut Indonesia (AHCDI), Mara Karma.

Pendapatan Rhoma dan pedangdut lainnya lewat royalti, belumlah maksimal. Angka 50 juta yang didapat Rhoma baru berasal dari Jakarta, belum termasuk daerah lain. Nantinya, pengusaha karaoke di seluruh Indonesia juga menyatakan kesiapannya untuk memberikan royalti kepada insan dangdut.

"Kami sudah dapat informasi, semua karaoke kayak Inul Vizta dan lainnya di seluruh Indonesia sudah siap memberikan hak kami. Ini baru yang di Jakarta lho. Apalagi nanti seluruh Indonesia," lanjut Mara.

Dalam pembagian royalti itu, selain Rhoma Irama, tampak pula Dorce Gamalama, Yus Yunus, dan banyak lagi pencipta lagu yang akan menerima hak mereka.(Jul/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini