Sukses

Wow! One Direction Ungguli Perdana Menteri David Cameron

One Direction, kelompok boyband asal Inggris menjadi tokoh yang paling berpengaruh di kalangan pengguna twitter di Inggris

One Direction, kelompok boyband asal Inggris yang digawangi oleh Liam Payne, Harry Styles, Niall, Louis Tomlinson dan Zayn Malik, menjadi tokoh yang paling berpengaruh dikalangan pengguna twitter di Inggris. Mereka berlima berada di posisi 5 teratas dari data yang dikeluarkan oleh PeerIndex. Mereka mengalahkan Perdana Menteri Britania Raya David Cameron, Piers Morgan, Caitlin Moran, dan Ricky Gervais.

Seperti yang dilansir dari theguardian.com, Kamis (31/10/2013), data ini diurutkan berdasarkan seberapa berpengaruhnya mereka dan bukan banyaknya pengikut.

"Semenjak twitter menjadi populer, 140 nama teratas ini mewakili berbagai macam budaya dan kekuasaan, pesepakbola, politisi dan boyband," ujar Azeem Azhar, pendiri PeerIndex.

PeerIndex menganalisa 10 miliar kicauan dari 150 juta orang pengguna twitter. Mereka lalu memfokuskan hanya kepada pengguna twitter dari Inggris dan seberapa besar pengaruh kicauan mereka terhadap orang Inggris yang lain. "Efek demokrasi dari sosial media membuat mereka yang memiliki pandangan menantang, baik atau menarik untuk menciptakan pengaruh," tambahnya.

Dari data itu, akun milik perusahaan dan merk tertentu dibuang. Termasuk juga akun parodi dan wartawan dari media nasional, meskipun penulis buku dimasukkan di sini. PeerIndex mencatat pengguna Twitter bisa berpengaruh meskipun tidak memiliki pengikut sampai jutaan orang. "Twitter itu kaya dan sangat besar, ada ikatan yang nyata, meskipun kadang tidak mengenal satu sama lain.

Sebagai contoh, meskipun ada 900.000 oran menjadi pengikut George Osborne, pengacara dan Rylan, selebritas, mereka hanya berbagi 6 pengikut yang sama," paparnya.(Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini