Sukses

Sumpah Pemuda, Julia Perez Ajak Pemuda Indonesia Tiru Jepang

Julia Perez punya pandangan sendiri mengenai Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober.

Julia Perez punya pandangan sendiri mengenai Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Menurut pelantun Belah Duren ini para pemuda-pemudi bangsa harus menghargai karya hasil produk Tanah Air.

"Kalau di luar negeri, hasil karyanya itu dibanggakan. Kalau di Indonesia hasil kita sering diejek-ejek. Itu makanya kita import barang-barang luar, karena orang kita itu kurang percaya diri untuk banyak hal. Padahal penemu-penemu itu banyak dari Indonesia," ujar Julia Perez dalam wawancara di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (28/10/2013).

Selain pakaian, Jupe --sapaan akrab Julia Perez-- pun merasa bahasa Indonesia sebagai bahasa yang perlu diperhatikan oleh generasi penerus bangsa. Pemain film 3 Cewek Petualang ini tak malu mengaku berasal dari Indonesia saat berada di luar negeri.

"Dari masalah bahasa juga diperhatikan. Waktu saya di luar negeri, saya nggak malu kalau saya bilang dari Indonesia. Itu yang harus ditanamkan oleh pemuda-pemudi sekarang. Kita harus bangga dengan Indonesia, apapun yang terjadi," imbau janda Damien Perez.

Jupe melihat perlunya bangsa Indonesia meniru orang-orang Jepang ketika menerima perkembangan zaman. "Kita harus contoh masyarakat Jepang, mereka ada modern tapi tetap punya pandangan tradisi negara. Kalau mereka bisa, kenapa kita nggak? Nasionalis, tapi jangan sampai ketinggalan zaman juga kan. Harus balance, 50% nasionalis, 50% modern," pungkasnya.(Ras/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.