Sukses

6 Film Indonesia dengan Adegan Naik Haji Cocok buat Rayakan Idul Adha, Nomor 2 Dibintangi Reza Rahadian

Umat Muslim merayakan Idul Adha pada Juni 2024. Inilah 6 film Indonesia dengan adegan naik haji yang menginspirasi. Ada yang dibintangi Reza Rahadian.

Liputan6.com, Jakarta Umat Muslim sedunia merayakan Idul Adha atau Lebaran Haji pertengahan bulan ini. Pemerintah Indonesia menetapkan Idul Adha jatuh 17 Juni 2024. Bagi yang di rumah saja, bisa menonton film Indonesia yang bertema atau menampilkan adegan naik haji.

Berdasarkan catatan Showbiz Liputan6.com, tak banyak film Indonesia yang menampilkan tema naik haji atau menampilkan adegan berangkat haji. Sekalinya ada, aktor yang membintangi pun bukan sembarang.

Legenda Betawi Benyamin Sueb pernah tampil dalam Semoga Haji Mabrur, sebuah film semi dokumenter langka. Gen Z masih bisa menikmati sejumlah film berkualitas seperti Emak Ingin Naik Haji yang mempertemukan Reza Rahadian dan Aty Cancer.

Terbaru, biopic Buya Hamka yang menampilkan performa apik Vino G. Bastian dan mengumpulkan sejutaan penonton. Untuk Anda, kami hadirkan 6 film Indonesia tentang naik haji atau memuat adegan berangkat haji. Semoga menyemangati kita untuk siap lahir batin jadi tamu Allah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Semoga Haji Mabrur (1986)

Para penggemar Benyamin Sueb tahu betul, sang legenda pernah membintangi film semi-dokumenter yang mengisahkan perjuangan pengusaha ikan naik haji bareng istri. Amal baik mengantarnya ke Tanah Suci.

Dirilis pada 1986, Semoga Haji Mabrur karya sineas Sudra Syafii memotret pelaksanaan ibadah haji di Indonesia. Film ini satu-satunya semidokumenter religi dari Benyamin Sueb yang meninggal dunia pada 1995.

 

3 dari 7 halaman

2. Emak Ingin Naik Haji (2009)

Emak (Aty Cancer), penjual kue yang ingin ke Tanah Suci. Hasil jualan kue ditabung meski ia tak tahu kapan bisa jadi tamu Allah. Anaknya, Zein (Reza Rahadian), penjual lukisan keliling, tak bisa berbuat banyak untuk Emak. Di sisi lain, ada tetangga Emak yang berkali naik haji.

Ada pula tetangga yang naik haji demi reputasi dan karier politik. Karya sineas Aditya Gumay ini terasa relevan meski diproduksi 15 tahun silam. Emak Ingin Naik Haji menampilkan akting brilian Aty Cancer dan Reza Rahadian. Bikin hati nyesek dan mewek berjemaah.

 

4 dari 7 halaman

3. Sang Pencerah (2010)

Perjalanan haji itu berat, kamu harus tabah dan sabar. Itulah nasihat yang diterima Ahmad Dahlan muda (Ihsan Tarore) dalam film Sang Pencerah karya sineas Hanung Bramantyo.

Digambarkan sekilas sebagai salah satu titik balik dalam hidup Ahmad Dahlan yang kini jadi tokoh bangsa sekaligus pendiri Muhammadiyah, Sang Pencerah jelas salah satu film penting.

 

5 dari 7 halaman

4. Haji Backpacker (2014)

Ini perjalanan spiritual Mada (Abimana Aryasatya) yang patah hati atas kebijakan Tuhan gara-gara ibunda tercinta meninggal dan kisah cintanya berantakan. Kecewa kepada Tuhan membuat Mada berkelana hingga perjalanan mengarahkannya ke rumah Tuhan.

Dipekuat sejumlah bintang papan atas dari Laudya Cynthia Bella, Laura Basuki, hingga Dewi Sandra, Haji Backpacker layak jadi cermin bagi kita. Ada kalanya kita kecewa pada hidup namun balik lagi, itu tak akan terjadi tanpa seizin Sang Khalik.  

 

6 dari 7 halaman

5. Mekah I’m Coming (2019)

Film tentang haji yang dikemas “ugal-ugalan” karena mengusung drama komedi dengan kearifan lokal plus kritik sosial dibalut sindiran. Naik haji adalah mimpi setiap umat Islam. Namun faktanya, ada orang-orang yang tega memanfaatkan ini sebagai ajang tipu-tipu.

Mengusung fenomena biro perjalanan haji abal-abal yang menelan korban, Mekah I’m Coming karya Jehan Angga menampilkan akting ciamik Michelle Ziudith, Rizky Nazar, hingga Ria Irawan. Gayeng banget namun setelah film selesai, dijamin Anda merenung.

 

7 dari 7 halaman

6. Buya Hamka (2023)

Salah satu keputusan penting yang pernah dibuat Buya Hamka adalah pergi ke Tanah Suci untuk naik haji dan menimba ilmu. Adegan ke Tanah Suci disajikan sekilas karena memang bukan “menu utama” film.

Namun fase ini membangun sudut pandang dan kekayaan hati Buya Hamka hingga jadi salah satu tokoh bangsa. Lewat Buya Hamka, Vino G Bastian diganjar nominasi Piala Citra Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2023.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.