Sukses

Mau Belajar Bahasa Inggris Cepat? Cek Tips ala Rich Brian Ini

Dengan berbicara sendiri dalam bahasa Inggris, Brian dapat meningkatkan keterampilan pengucapannya.

Liputan6.com, Jakarta Belajar bahasa Inggris memang bisa jadi tantangan besar, terutama bagi yang tidak tinggal di negara berbahasa Inggris. Namun, dengan tekad dan metode yang tepat, kemampuan ini bisa dilatih secara otodidak. Kunci utamanya adalah konsistensi dan kemauan untuk terus belajar.

Seperti yang dilakukan oleh Rich Brian, seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, dan produser musik asli Indonesia yang telah mendunia. Dia dikenal karena menjadi salah satu artis Asia pertama yang berhasil menembus industri musik hip-hop internasional yakni 88 Rising.

Rich Brian, yang awalnya hanya bisa berbahasa Indonesia, kini fasih berbahasa Inggris dan mampu berkomunikasi serta berkarya di kancah internasional. Penasaran bagaimana cara belajar bahasa inggris ala Rich Brian? Yuk, intip di bawah ini! 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menonton Video dari YouTube

Rich Brian mengaku bahwa dia mempelajari bahasa Inggris melalui YouTube dengan menonton berbagai jenis video, seperti video unboxing, ulasan produk, tutorial rubik, komedi, dan juga mendengarkan lagu dari rapper lain seperti Childish Gambino, 2 Chainz, Macklemore, dan Tyler The Creator. Brian bahkan bisa menatap layar komputer untuk menonton YouTube hingga 13 jam sehari. 

“I used to watch a lot of tutorials on how to play the rubik's cube and so that you know all the tutorials were in English so that kind of got me used to that,” ujar Brian dalam interview di channel YouTube BUILD Series.

Artinya: "Aku dulu sering menonton banyak tutorial tentang cara memainkan rubik, dan semua tutorial itu dalam bahasa Inggris, jadi aku terbiasa dengan itu."

3 dari 5 halaman

Berkenalan dengan Teman Asing di Aplikasi Skype

Awalnya, Brian tidak bisa berbahasa Inggris, hanya bisa bahasa Indonesia. Namun, sejak dia aktif menggunakan aplikasi Skype dan berkenalan dengan seorang teman dari Amerika Serikat, kemampuan berbahasa Inggrisnya mulai berkembang. Interaksi rutin dengan temannya tersebut membantu Brian belajar dan akhirnya menguasai bahasa Inggris juga.

Dilansir dari YouTube WIRED, Brian menyatakan, “I was like 12 having American friends and like talking to them in Skype. So, i speak both language”

Artinya: "Aku berusia sekitar 12 tahun saat memiliki teman-teman dari Amerika dan berbicara dengan mereka di Skype. Jadi, aku bisa berbicara dalam kedua bahasa."

4 dari 5 halaman

Rajin Berlatih Berbicara Bahasa Inggris

Dalam sebuah wawancara dengan Jam'n 957, Brian menyatakan, "Every time like I’m like by myself, I just kind of like talk to myself in English and like practice my pronunciation."

Artinya: "Setiap kali aku sendirian, aku berbicara sendiri dalam bahasa Inggris dan melatih pengucapanku."

Dengan berbicara sendiri dalam bahasa Inggris, Brian dapat meningkatkan keterampilan pengucapannya. Latihan ini membantu meningkatkan kepercayaan diri dan kefasihan dalam berbicara bahasa Inggris. Rajin berlatih seperti ini bisa menjadi cara efektif untuk menguasai bahasa asing.

5 dari 5 halaman

Mencari Arti Kosakata Baru

Mencari kosakata baru juga sangat penting untuk memperluas pengetahuan kosakata bahasa inggris. Tanpa kosakata yang cukup, akan sulit untuk memahami dan menggunakan bahasa secara efektif. Saat ini, menerjemahkan kosakata yang tidak diketahui menjadi sangat mudah dengan banyaknya aplikasi yang tersedia, seperti Google Translate, iTranslate, dan DictBox.

Rich Brian juga menggunakan metode ini untuk memperkaya kosakata dan pemahaman bahasa Inggrisnya. Dengan rajin mencari arti kata-kata baru, ia mampu meningkatkan kemampuan bahasanya secara signifikan. Metode ini tidak hanya efektif tetapi juga membantu dalam memahami konteks penggunaan kata dalam berbagai situasi.

Dengan mengikuti tips belajar bahasa inggris ala Rich Brian, siapapun bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak dan mencapai kefasihan. Ingat, kunci utamanya adalah ketekunan dan semangat untuk terus belajar!

Penulis: Arninda Oktaviani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini