Sukses

Pihak Lovely Runner Jawab Spekulasi Drakor Ini Berkaitan dengan Mendiang Jonghyun SHINee

Drakor Lovely Runner tayang perdana pada hari ulang tahun mendiang Jonghyun SHINee.

Liputan6.com, Seoul - Drakor Lovely Runner langsung membetot perhatian publik sejak tayang perdana pada 8 April 2024 lalu. Terutama di kalangan penonton yang mengetahui mendiang Jonghyun SHINee.

Sejumlah pemirsa menemukan kesamaan antara mendiang dengan karakter dalam drama Korea yang dibintangi Kim Hye Yoon dan Byun Woo Seok ini. Diwartakan Korea Times, Jumat (13/5/2024), salah satunya adalah momen di mana karakter Im Sol yang diperankan Kim Hye Yoon kembali ke masa lalu, ke tahun 2008.

Shawol—sebutan bagi penggemar SHINee—tentu hafal di luar kepala bahwa ini adalah tahun di mana grup ini debut dengan lagu hits “Replay. “

Selain itu dalam drakor Lovely Runner, karakyer Ryu Sun Jae yang diperankan Byun Woo Seok diceritakan tampil sebagai penyiar radio. Detail ini tak tercantum dalam sumber asli drakor ini, webnovel Tomorrow's #1.

Tak hanya itu, drakor ini juga tayang perdana pada hari ulang tahun mendiang Jonghyun.

“Para penggemar menanggung rasa sakit yang luar biasa (atas kemiripan drama tersebut dengan kasus Jonghyun), bahkan ada yang meminta agar tayangan ini dihentikan. Mengabaikan perasaan mereka sangatlah tidak sopan,” kata seorang warganet Korea Selatan.

Pihak CJ ENM yang mengembangkan drakor ini, memberi penjelasan soal kemiripan tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenai Setting Drama

“Tahun debut Ryu, pemeran utama pria dari Lovely Runner, adalah tahun 2009 dan drama ini didasarkan pada web novel ‘Tomorrow’s #1’, dan tidak dimaksudkan untuk mencerminkan individu atau peristiwa di kehidupan nyata,” kata perwakilan CJ ENM.

Namun pihaknya mengakui bahwa di drakor ada beberapa hal yang diubah. Termasuk setting drama ini.

“Setting drama enam tahun sebelumnya, karena pada karya aslinya tidak sejalan dengan timeline karakter utama atau menekankan perbedaan sejarah yang signifikan. Oleh karena itu, kami memilih tahun 2008, yaitu 15 tahun sebelum 2023, untuk menonjolkan perbedaan era,” tutur perwakilan CJ ENM.

 

3 dari 4 halaman

Berkaitan dengan Olimpiade

Sutradara Yoon Jong Ho juga mengungkap alasan memilih setting ini, adalah karena event Olimpiade Beijing pada 2008 silam, yang menjadi perbincangan hangat di Negeri Ginseng.

“Mengingat banyaknya atlet terkenal pada masa itu, saya yakin ini akan memberikan latar belakang yang mengesankan untuk dikenang kembali,” kata Yoon Jong Ho.

4 dari 4 halaman

Soal Tanggal Penayangan

Seperti pihak CJ ENM, ia juga membantah bahwa tanggal penayangan drakor ini yang bersamaan dengan ultah Jonghyun adalah sebuah kesengajaan.

“Jadwal siaran telah ditentukan secara berurutan, dan memilih tanggal tertentu secara realistis adalah hal yang mustahil,” kata dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.