Sukses

Avian Kantongi Penjualan Rp 1,9 Triliun pada Kuartal I 2024

PT Avia Avian Tbk (AVIA) mencatat pertumbuhan penjualan dan laba pada kuartal I 2024.

Liputan6.com, Jakarta - PT Avia Avian Tbk (AVIA) mengumumkan kinerja keuangan kuartal pertama 2024. Total penjualan konsolidasi meningkat 6,9% dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya, mencapai Rp 1,9 triliun. 

Di periode yang sama, laba kotor konsolidasi mencatat pertumbuhan sebesar 9,8% mencapai Rp 886 miliar dengan tingkat margin laba kotor sebesar 46,5%.

Kinerja bottom-line juga menunjukan pertumbuhan yang positif. EBITDA dan laba bersih masing-masing bertumbuh sebesar 6,9% dan 7,0% secara year-on-year.  Selain itu, marjin EBITDA berhasil tercatat sebesar 29,1%, dan marjin laba bersih sebesar 23,4%.

Head of Investor Relations Avia Avian, Andreas Timothy Hadikrisno mengatakan kinerja keuangan yang positif ini tentunya tidak terlepas dari berbagai kombinasi strategi yang terintegrasi, mulai dari inovasi produk baru, perluasan pusat distribusi, beragam inisiatif pemasaran, sampai dengan kemampuan integrasi vertikal.

Selama periode kuartal pertama 2024, AVIA telah meluncurkan sebanyak 5 produk baru, termasuk Avian Cling water-based di segmen cat kayu dan besi, No Drop Dempul Instan, No Drop Serat Fiber, dan No Drop Tile Grout di segmen cat pelapis anti bocor, serta Boyo Politur Spray di segmen perawatan kayu.

"No Drop Dempul Instan merupakan produk penambal lubang dinding yang bersifat elastis dan anti air dan dapat diaplikasikan dengan cara yang mudah dan cepat,” kata Andreas dalam siaran pers, Senin, 29 April 2024.

Andreas menambahkan, produk ini dihadirkan untuk menjawab masalah konsumen terkait banyaknya lubang di tembok sekaligus memberikan tambahan perlindungan terhadap serangga, retak, dan celah pada tembok rumah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fokus Perseroan

Di sisi lain, No Drop Serat Fiber digunakan sebagai penguat untuk menutup retakan, sudutan dak beton atau area yang bocor. Produk terbaru dari Avian Brands ini mampu memberikan lapisan kedap air yang fleksibel, tahan lama, serta memiliki daya rekat yang baik sehingga memastikan perlindungan kedap air yang sempurna.

Perseroan Fokus Integrasi Vertikal

Adapun Andreas menuturkan, Perseroan secara strategis berfokus pada integrasi vertikal dan telah memulai pembuatan resin sebagai salah satu bahan baku utama cat sejak 1986. 

Dari sisi distribusi, AVIA merupakan satu-satunya perusahaan cat dengan jaringan distribusi yang terluas di Indonesia. 

“Sampai dengan akhir kuartal pertama tahun ini, AVIA telah memiliki sebanyak 136 pusat distribusi yang dimiliki sendiri dan 40 pusat distribusi pihak ketiga yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Andreas.

3 dari 5 halaman

Ekspansi Layanan Pengiriman

Perseroan akan melanjutkan ekspansi layanan pengiriman ekspres ini ke sebagian besar pusat distribusi yang dimiliki di berbagai wilayah Indonesia. Didukung dengan jaringan distribusi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, AVIA terus menambah jumlah pelanggannya dan memperkuat penetrasi produk perseroan di pasar nasional. 

"Sampai dengan saat ini, AVIA telah melayani sebanyak lebih dari 56 ribu toko bahan bangunan di seluruh wilayah Indonesia,” pungkasnya.

Ditopang dengan fondasi operasional dan manufaktur yang solid serta jaringan distribusi yang luas, AVIA terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar cat dekoratif di Indonesia.

Pada penutupan perdagangan Senin, 29 April 2024, harga saham AVIA stagnan di posisi Rp 510 per saham. Harga saham AVIA dibuka naik lima poin ke posisi Rp 515 per saham. Harga saham AVIA berada di level tertinggi Rp 520 dan terendah Rp 505 per saham. Total frekuensi perdagangan 1.527 kali dengan volume perdagangan 305.609 saham. Nilai transaksi Rp 15,6 miliar.

4 dari 5 halaman

Avia Avian Optimistis Laba Bakal Moncer pada 2024

Sebelumnya, PT Avia Avian Tbk (AVIA) menutup akhir tahun lalu dengan pencapaian positif dalam pertumbuhan volume penjualan, di mana untuk periode kuartal IV 2023, volume penjualan AVIA tercatat mengalami pertumbuhan dua digit dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

Pertumbuhan ini didukung oleh peluncuran beberapa produk ekonomis yang terbukti dapat diterima dengan baik oleh pelanggan.

Pencapaian dan tren positif pada kuartal IV 2023 ini memberikan keyakinan bagi AVIA untuk mencatat pertumbuhan double digit dalam kinerja laba bersih serta EBITDA pada 2023, serta semakin memberikan optimisme dan pondasi yang kuat bagi Avia Avian untuk mencapai pertumbuhan kinerja operasional dan kinerja keuangan yang semakin pesat dan tinggi (double-digit growth) pada 2024. 

Head of Investor Relations Avia Avian Andreas Timothy Hadikrisno menuturkan, pencapaian kinerja positif  tersebut merupakan bukti atas komitmen  dari  AVIA untuk senantiasa memberikan performa terbaik sebagai pemimpin pasar cat dekoratif di Indonesia.

"Tentunya juga tidak terlepas dari konsistensi AVIA dalam menjalankan berbagai strategi pemasaran dan penjualan yang komprehensif dan mencakup seluruh konsumen yang terlibat, termasuk di dalamnya pemilik toko retail, tukang cat, kontraktor, dan juga pemilik rumah (home owners), serta pengembangan portofolio produk  AVIA yang semakin lengkap dan inovatif yang semakin memberikan kepuasan kepada para pelanggan,” kata Andreas dalam keterangan resminya, Jumat (26/1/2024).

Dia bilang, AVIA juga secara berkesinambungan terus meningkatkan kualitas pelayanan yang maksimal kepada para pelangganya. Terbaru, AVIA memiliki inisiatif yang menawarkan jasa express delivery. Dalam waktu 2 jam barang akan diterima oleh pelanggan merupakan wujud nyata dari komitmen AVIA untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. 

 

5 dari 5 halaman

Jaringan Pusat Distribusi

Selain itu, jaringan pusat distribusi AVIA yang terbesar dan dengan cakupan paling luas di Indonesia, memungkinkan AVIA memberikan layanan terdepan tersebut kepada para pelanggan AVIA. Sampai dengan akhir Desember 2023, AVIA telah memiliki sebanyak 118 pusat distribusi milik sendiri, ditambah dengan 14 pusat distribusi mini dan 40 pusat distribusi pihak ketiga.

Dalam hal inovasi produk, AVIA didukung dengan tim dan fasilitas research, development, and innovation (RDI) yang solid dan berkomitmen tinggi dalam menghasilkan beragam produk inovatif untuk melengkapi portofolio produk dari berbagai merek dan kategori yang sudah ada. 

Dengan rangkaian produk yang lengkap, meliputi semua kisaran harga, mulai dari ekonomis, medium, sampai dengan premium, menempatkan AVIA pada posisi yang strategis untuk terus memperbesar pangsa pasar, serta mampu menciptakan pertumbuhan kinerja yang semakin pesat, sehat, dan berkesinambungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini