Sukses

Neona Jadi Speaker di Istanbul Youth Summit 2024, Tetap Percaya Diri pada Pengalaman Pertamanya

Penyanyi Neona ditunjuk sebagai salah seorang speaker perwakilan influencer dan artis muda di Indonesia dalam Istanbul Youth Summit (IYS) 2024 di Istanbul, Turki.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi muda Anodya Shula Neona Ayu yang memiliki sapaan akrab sekaligus nama panggung Neona, menghadiri Istanbul Youth Summit (IYS) 2024 di Istanbul, Turki. Kunjungan Neona itu merupakan bagian dari undangan oleh pihak IYS dan Emina Cosmetics.

Neona ditunjuk sebagai salah seorang speaker perwakilan influencer dan artis muda di Indonesia terkait topik “Menumbuhkan Kesadaran Akan Kesehatan Mental Generasi Muda Secara Global” (Nurturing Mental Health Awareness Among Youth in a Global Arena).

Menjadi speaker di sebuah konferensi adalah pengalaman pertama bagi Neona. Meski demikian, ia terlihat percaya diri dalam menyampaikan poin-poinnya selama berbicara di depan para peserta acara yang digelar pada 4-7 Maret 2024 itu.

Seeking help is not a weakness, it’s a sign of strength. Everyone deserves to feel supported and empowered. Dengan berbagi pengalaman dan mendorong oranglain untuk melakukan hal yang sama, masyarakat akan paham bahwa setiap orang berhak diberi dukungan terkait perjalanan kesehatan mental mereka,” kata Neona saat berpidato sambil tersenyum, mengutip keterangan yang disampaikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Poin-Poin yang Disampaikan Neona

Di gelaran IYS yang ke-7 ini, ada beberapa hal yang disampaikan Neona. Berikut poin-poin tersebut:

● Pentingnya peran musik dan seni dalam meningkatkan awareness terhadap dampak media sosial dan harga diri (self-esteem).

● Pentingnya menciptakan dan menormalisasi lingkungan yang mendukung generasi muda agar mereka merasa aman untuk berdiskusi tentang kesehatan mental dan mudah mencari bantuan.

● Besarnya pengaruh pelaku seni dan platform online yang mereka miliki dalam menyebarkan pesan positif terkait kesehatan mental.

● Merilis lagu “Be True” (2022) dan “Click” (2023) sebagai bentuk dukungan Neona terhadap isu kesadaran dan kesehatan mental. “Be True” mengampanyekan soal self-esteem pada kaum muda, sedangkan “Click” membahas penggunaan media sosial yang bertanggung jawab.

● Alasan Neona menjadi Brand Ambassador Emina Cosmetics yang sama dengan visi dan misinya, yakni mendorong kaum muda (khususnya perempuan) untuk lebih percaya diri pada citra diri mereka.

● Pentingnya peran institusi pendidikan dalam menumbuhkan kesadaran akan kesehatan mental anak-anak muda.

 

3 dari 4 halaman

Neona Tak Hanya Jadi Speaker

Selama berada di Istanbul, Neona tak hanya menjadi speaker semata. Ia juga menjadi juri untuk social project campaign yang dibuat oleh para partisipan.

Para partisipan dibagi menjadi enam kelompok dan diharuskan membuat social project campaign terkait mental health, budaya, hingga lingkungan hidup.

 

4 dari 4 halaman

Tentang IYS 2024

IYS 2024 merupakan konferensi tingkat tinggi (KTT) internasional ke-7 yang diselenggarakan oleh Youth Break the Boundaries (YBB) Foundation di Istanbul.

Konferensi yang dihadiri 200 partisipan dari 30 negara ini bertujuan untuk mendorong para pemimpin masa depan yang mampu mendobrak batasan kemampuan mereka untuk berdiskusi.

Acara ini juga mengambil tindakan dalam inovasi dan kolaborasi dalam membuka solusi berbasis anak muda yang keberlanjutan.

Dengan tema tersebut, IYS 2024 juga mendorong generasi muda dari berbagai latar belakang dan sektor untuk berkolaborasi bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.