Sukses

Raffi Ahmad Berhenti Mendoktrin Rafathar untuk Jadi Seperti Dirinya, Ternyata Ini Sebabnya

Raffi Ahmad khawatir secara tidak sadar sudah membebani anaknya untuk jadi seperti dirinya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang yang punya nama besar di industri hiburan, Raffi Ahmad tentu ingin anak-anaknya meneruskan jejaknya. Namun, pada akhirnya dia sadar bahwa setiap anak memiliki kuasa untuk menentukan jalan hidup mereka masing-masing.

Seperti halnya Rafathar Malik Ahmad. Bertahun-tahun yang lalu, dia sempat berupaya memengaruhi anaknya untuk menjadi seperti dirinya. Namun sekarang tidak lagi.

"Dulu tuh waktu kecil suka gue doktrin, 'Rafathar kalau sudah besar jadi kayak Papa ya'. Jadi dulu kalau ditanya dia selalu bilang kalau gede mau jadi kayak papanya. Terus ada suatu waktu, kan gue jadi juara terus, piala gue banyak," cerita suami Nagita Slavina di YouTube Talany TV, JUmat (19/1/2024).

"Pada suatu hari dia ujian nilainya kecil, terus gue bilang, Kenapa kok nilainya begini? Kalau bisa Rafathar jadi juara kelas dong, terus dia jawab 'Aa mungkin bukan Papa, Papa juara tapi mungkin Aa nggak bisa'," sambungnya.

Pernyataan Rafathar membuat Raffi Ahmad tersentak. Dia khawatir secara tidak sadar sudah membebani anaknya untuk jadi seperti dirinya.

"Kadang gue suka sedih juga dia pernah bilang 'Aa payah, Aa enggak bisa kayak Papa, Aa payah'. Jadi makanya sekarang Rafathar enggak pernah gue ajak syuting lagi, jadi gue enggak pengin Rafathar terbebani," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenapa Sih Disuruh Syuting Terus?

Presenter kondang ini juga cerita soal keluhan Rafathar yang sering kali tak mau diajak syuting. Dia sering protes karena merasa tak bebas bermain karena diajak syuting.

"Tidak gue pungkiri ada rasa hati kecil gue pengin Rafathar harus jadi kayak papa, harus jadi kayak gue, tapi semakin lama dia sudah menolak. Pernah waktu itu waktu itu dia protes, 'Papa kenapa sih anaknya disuruh syuting terus?'" ujar Raffi.

3 dari 4 halaman

Menghargai Keinginan Anak

Rafathar juga sudah bisa menyuarakan pendapatnya. Menurutnya, selain anak yang harus mematuhi perintah orangtua, orangtua juga harus mendengarkan dan menghargai keinginan anak.

"Saat itu lagi santai, gue enggak pernah ganggu waktu dia sekolah, 'Ayo Rafathar syuting yuk bantuin papa'. Akhirnya dia mau, syuting sekali, pas sudah take sekali, diminta sekali lagi, dia protes 'Papa tadi janjinya apa? Sekali kan? Aa sudah ikutin omongan Papa, kalau gitu bisa nggak sekarang Papa ikutin omongan Aa?'" terang ayah dua anak ini.

4 dari 4 halaman

Jalan Hidup Sendiri

Kini Raffi Ahmad sadar bahwa setiap anak memang berhak menentukan pilihannya sendiri. Saat ini, dia sudah berhenti memaksakan kehendaknya kepada di sulung.

"Di situ gue kena, menyadarkan gue, suatu saat mungkin dia punya jalan hidupnya sendiri di mana dia tidak mau ada di situ. Jadi memang tidak bisa memaksakan anak," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.