Sukses

Niat Bantu Keluarga, Novelia Indriyati H Kini Terkenal di Medsos Bak Influencer Berkat Kesuksesannya Mendirikan Brand Kosmetik

Sebelum namanya dikenal di media sosial bak inflluencer maupun selebgram, Novelia Indriyati H mendirikan bisnis melalui perjalanan yang tidak mudah hingga usahanya brand kosmetiknya itu sukses.

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita muda asal Sitobondo bernama Novelia Indriyati H kini tengah jadi perbincangan. Pasalnya, brand perawatan kulit milik pengusaha muda satu ini tengah populer di kalangan masyarakat. Nama Novelia Indriyati H pun ikut populer bak selebgram dan influencer.

Bagi pengguna media sosial, brand milik Novelia Indriyati H mungkin sudah tidak asing. Pasalnya brand miliknya bisa dikenal hanya melalui pemasaran dan marketplace di media sosial. Kini, wanita kelahiran 20 November 1994 telah meraih omset miliaran rupiah berkat usahanya itu.

Sebelum namanya dikenal dan usahanya sukses, Novelia mendirikan bisnis melalui perjalanan yang tidak mudah. Dengan niat awal untuk membantu perekonomian keluarganya, Novelia mengaku memulai bisnis kosmetik dengan modal tak sampai Rp500 ribu.

Novelia Indriyati H mulai membangun bisnis kosmetik miliknya sejak 2018 lalu. Meski baru berjalan 5 tahunan dan berawal sekadar maklon, brand miliknya telah banyak dikenal oleh masyarakat. Bahkan, ia memiliki ribuan pelanggan yang membuat sosoknya juga makin terkenal.

Kesuksesan Novelia dengan brand miliknya pun membuatnya bisa membangun pabrik kosmetik sendiri. Owner muda ini sempat membuat marketplace di media sosial sebelum nekat membangun pabrik yang didirikan di daerah Situbondo, Jawa Timur, sekaligus menjadi pabrik kosmetik pertama di daerah tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perjalanan Novelia Indriyati H dan Suami

Novelia bertemu dengan suaminya yang sekarang, Lukman Arisandy. Mereka berpacaran semenjak kelas 2 SMA dari tahun 2010. Hubungan mereka sempat tidak direstui karena suaminya dianggap tidak punya masa depan yang baik.

Wanita muda tersebut melanjutkan kuliah dari tahun 2013 sampai 2016. Semenjak kuliah, ia sudah mulai berjualan online seperti baju, kerudung, celana dan menjadi reseller skincare orang. Karena ia merasa passion fashion dan juga suka perawatan kulit.

Namun di tahun 2014 Novelia memutuskan menikah dengan pria yang menjadi suaminya sekarang. Namun sempat mendapat pertentangan alias tak disetujui. Pasalnya, rata-rata di keluarganya adalah PNS, tapi ia belum lulus kuliah namun sudah memutuskan menikah.

Dan di tahun 2015, ia mempunyai anak pertama, berjenis kelamin perempuan. Ia pernah menjual emas kawin untuk membeli susu dan pampers anak saking tak memiliki penghasilan.

Pekerjaan suami yang kini telah menjadi owner brand Artha LDT+ tersebut dahulu merupakan seorang perawat honorer dan telah mengabdi kepada Negara sejak 2014 hingga 2023.

 

3 dari 5 halaman

Karier Novelia Setelah Lulus Kuliah

Setelah lulus kuliah pada tahun 2016, Novelia langsung memutuskan untuk bekerja di salah satu perusahaan ekspedisi swasta yang juga berjualan online di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Gajinya yang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga, membuatnya rela berjualan online sambil bekerja di perusahaan tersebut. Ia kerap melakukan COD dengan orang-orang untuk memenuhi kebutuhannya.

Novelia juga mengatakan bahwa mentalnya terbentuk semenjak sang ayah meninggal dunia pada tahun 2016. Sejak 2016 hingga 2018, ia masih bekerja sebagai admin di ekspedisi. Namun setelah mengandung anak kedua, Novelia akhirnya memtuskan untuk berhenti bekerja lantaran merasa waktu itu ia berpikir untuk jadi ibu rumah tangga.

Namun karena mempunyai passion menyangkut fashion dan perawatan tubuh, akhirnya ia memutuskan untuk membuat brand kosmetik sendiri, ARTHA LDT+. Nama brand tersebut diberikan oleh sang ibunda yang memiliki arti "harta" sembari menaruh harapan agar putrinya menjadi orang yang kaya harta, kaya hati, dan pikirannya.

 

4 dari 5 halaman

Cobaan Novelia Setelah Punya Brand Sendiri

Namun, semua awal selalu tidak lepas dari cobaan. Sang owner mendapatkan banyak gunjingan lantaran brand-nya masih belum masuk daftar BPOM. Termasuk juga mantan owner yang produknya pernah ia jual, sempat mengancam melaporkannya ke polisi karena ia dituding berjualan produk abal-abal.

Namun, Novelia percaya dengan adanya doa ibu. Pemerasan dan ancaman melalui teror membuatnya meminta sang ibunda untuk mendoakannya, terutama dalam rangka mengurus BPOM. Padahal, ia kala itu belum tahu caranya.

Terlebih, modal yang ia punya sekitar beberapa ratus juta rupuah dari hasil menjual skincare yang belum BPOM tersebut. Berkat doa ibu, jalan Novelie untuk menemukan cara lulus BPOM pun dimudahkan. Sampai akhirya, produk tersebut tembus BPOM pada tahun 2020.

Novelia sangat senang, namun mentalnya untuk menjadi seorang interpreuner masih lemah. Ia belum siap dalam hantam menghantam di dunia bisnis. Hingga ia mengalami kegagalan dalam berbisnis pada tahun 2021.

 

5 dari 5 halaman

Novelia Pernah Ditipu Namun Berhasil Bangkit hingga Sukses

Kala itu, ia ditipu oleh seseorang yang membawa kabur uangnya, yakni dari pihak reseller. Awalnya, ia menerapkan sistem penjualan stok di awal tanpa modal. Gara-gara terlalu percaya dengan orang tersebut, barangnya pun laku namun uangnya habis entah ke mana. Di situlah mentalnya sempat down hingga ia merasa stress dan didiagnosa mengidap anxiety.

Berkat dukungan suami dan keluarganya, wanita tersebut bangkit dan mulai mengembangkan sekaligus melebarkan sayap dengan konten-konten. Ia juga banyak belajar personal branding, di mana ia harus melakukan branding terhadap produknya sebagai seorang owner.

Karena kegigihannya, penjualannya sejak 2021 hingga 2023 pun banyak diminati oleh para wanita muda hingga ia bisa membeli mobil sejumlah mobil mewah, membangun pabrik, dan membangun rumah impiannya yang kisaran harganya Rp3,5 miliar. Ia juga sudah mempunyai puluhan karyawan yang diberangkatkan umrah. Rencananya tahun ini ia sekeluarga akan berangkat haji.

Novelia pun tidak lupa bersedekah rutin dengan tetangga serta orang-orang yang kurang mampu. Ia juga memiliki banyak anak yatim yang diasuhnya sendiri dan disantuninya setiap bulan. Diharapkan, kisah hidup Novelia Indriyati H ini dapat menjadi inspirasi sekaligus pembelajaran hidup bagi banyak orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini