Sukses

Hotman Paris Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun Kepada Jessica Wongso: Apabila Belum Cukup Bukti, Maka Hakim Harus Bebasin

Pengacara kondang Hotman Paris juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk terpidana kasus kopi sianida, Jessica Wongso.

Liputan6.com, Jakarta Jessica Wongso berulang tahun yang ke-35 pada hari ini, Senin (9/10/2023). Di momen spesial ini, sang ibunda, Imelda Wongso, mendatangi Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, tempat sang putri menjalani masa hukuman.

Momen ini diketahui dari video yang diunggah di media sosial. Imelda Wongso datang ke Rutan ditemani oleh tim kuasa hukum untuk merayakan ultah sang putri tercinta. Kendati demikian, Otto Hasibuan tak nampak batang hidungnya.

Pengacara kondang Hotman Paris juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk terpidana kasus pembunuhan Mirna Salihin tersebut. Dia juga mendoakan dan memberi wejangan untuk Jessica Wongso.

"Mat Ultah Dinda! Bahagia itu dalam dirimu! Belum tentu orang bebas diluar penjara hidupnya bahagia! Cari kesibukan di penjara!" tutur Hotman Paris di Instagramnya.

Sejak film dokumenter berjudul Ice Cold tayang di Netflix, publik seolah mempertanyakan lagi, apakah memenjarakan Jessica selama 20 tahun sudah tepat. Sebab, tidak ada bukti telak dalam perkara pembunuhan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jika Belum Cukup Bukti, Hakim Harus Membebaskan Jessica

Hotman Paris kemudian menyinggung persoalan ini. Terlepas dari statusnya bersalah atau tidak, menurutnya, Jessica Wongso punya potensi dibebaskan dari hukuman berat yang dijatuhkan hakim pada 2016 silam.

"Hotman sendiri tdk tau apa kamu bersalah atau tidak! Tidak ada yg tau! Hanya jesica yg tau! Tapi menurut Undang Undang Pasal 183 KUHAP apabila belum cukup bukti maka hakim harus bebasin," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Tidak Ada Bukti Telak dalam Kasus Ini

Sebelumnya, Hotman memang sudah menyorot tentang tidak adanya barang bukti yang terang benderang dalam kasus ini.

"Komentar saya dari dulu tentang kasus itu adalah, tidak diterapkan prinsip harus ada dua alat bukti sebelum seseorang dipidana. Tapi lebih menonjol keyakinan hakim," ungkap sang pengacara dikutip dari Instagramnya, Selasa (3/10/2023).

"Di Eropa juga di Amerika, seseorang tidak bisa divonis hukuman berat seperti ini kalau buktinya masih ragu-ragu. Tidak boleh ada keraguan sedikit pun artinya harus ada bukti telak. Dalam kasus Jessica, bukti itu tidak ada yang telak," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Selamat Ulang Tahun Jessica

Di kolom komentar Instagram Hotman, ucapan selamat ulang tahun dari para warganet pun mengalir deras untuk Jessica Wongso.

"Selamat ulang tahun buat Jessica smoga kamu selalu sehat panjang umur n bahagia sllu walaupun hidup terkurung.Smoga Ada Keajaiban buat Maslah mu," tutur warganet.

"Selamat ulang tahun Jess, semoga bisa mendapatkan keadilan kembali. God bless you!" ungkap yang lain.

"Happy birthday Jessica.. entah knapa makin kesini aku jadi lebih pro ke jessica ya. Smoga msalah ini sgera clear ya," tambah warganet lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini