Sukses

Buku Master Firasat Karya Wirang Birawa Alami Kejadian Pembajakan

Wirang Birawa mengaku sudah memberikan maaf kepada pelaku pembajakan.

Liputan6.com, Jakarta Di era saat ini, di mana hak cipta karya intelektual sangat dihormati, masih terdapat kasus pencurian, penjiplakan, dan pembuatan salinan ilegal karya orang lain. Tindakan melanggar hukum ini dilakukan oleh individu yang dikenal sebagai D, yang telah memalsukan buku Master Firasat karya Wirang Birawa.

"Lebih dari sekadar menjiplak, D telah melakukan pemalsuan. Cover bukunya identik dengan buku asli, namun isi di dalamnya adalah karyanya sendiri. Sehingga, ia melanggar dua pasal, yaitu menjiplak karya saya dan menipu para pembeli buku Master Firasat. Isinya bahkan berisi tulisan yang tidak terkait, yang diambil dari sumber di internet," ujar Wirang Birawa dalam wawancara dengan wartawan di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2023).

Selanjutnya, Wirang Birawa, yang didampingi oleh pengacara Yogi Widodo, menyatakan sudah memberikan maaf kepada pelaku.

Yogi Widodo menjelaskan bahwa buku Master Firasat, yang diluncurkan pada tanggal 9 September 2023, telah dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta dari Kemenkumham.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terungkap

Kasus ini terungkap berawal dari pesan langsung yang diterima Wirang Birawa dari seorang pembeli yang mengklaim telah membeli buku tersebut secara daring. Namun, buku Master Firasat sebenarnya merupakan edisi terbatas yang tidak dijual secara umum, melainkan hanya melalui pemesanan khusus dengan syarat tertentu yang sangat terbatas.

Dari informasi yang diterima melalui pesan tersebut, Wirang Birawa memerintahkan salah satu stafnya untuk membeli buku tersebut melalui toko online dan melakukan penyelidikan.

"Hasilnya, buku tersebut hanya memiliki cover yang mirip, tetapi isi di dalamnya berbeda, berisi kutipan-kutipan yang diambil dari internet tentang ramalan. Padahal buku saya tidak semuanya tentang ramalan, karena itu buku saya tidak membahas topik tersebut," ungkap Yogi Widodo.

 

3 dari 4 halaman

Melacak

Mereka berhasil melacak pelaku yang memiliki toko online tersebut.

"Pelaku tersebut adalah saudara D, yang akhirnya meminta maaf, mengakui perbuatannya, dan berjanji untuk tidak mengulanginya. Oleh karena itu, Mas Wirang memutuskan untuk menganggap masalah ini telah selesai," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Tindak Pidana Lain

Namun, sebenarnya terdapat dugaan tindak pidana lain yang dilakukan oleh saudara D, yaitu penipuan terhadap pembeli.

"Mengenai hal ini, Mas Wirang telah mengambil tindakan untuk mengganti kerugian para pembeli dengan memberikan buku yang asli," ungkapnya.

Wirang Birawa, penulis buku 'Master Firasat', menyatakan bahwa karena masih ada sisa buku, ia berinisiatif memberikan buku asli kepada pembeli yang telah tertipu. Keputusan ini diambil sebagai pertimbangan kemanusiaan, sehingga saudara D tidak dilaporkan kepada pihak berwajib. "Kami merasa kasihan, karena dia hanya mencari nafkah, bukan untuk menjadi kaya," tambah Wirang Birawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.