Sukses

4 Jenis Ketawa Sundel Bolong Versi Luna Maya di Film Suzzanna Malam Jumat Kliwon, Bikin Merinding

Luna Maya menyebut tawa adalah kode yang merefleksikan emosi sundel bolong. Ada kalanya ia tertawa karena jail, ada pula yang mencerminkan amarah.

Liputan6.com, Jakarta Luna Maya memerankan Sundel Bolong dalam Suzzanna Malam Jumat Kliwon. Dalam film itu, sundel bolong meneror warga kampung. Kemunculannya kerap didahului dengan tawa yang bikin merinding.

Luna Maya mewanti-wanti penonton, tawa adalah kode yang merefleksikan beragam emosi sundel bolong. Ada kalanya ia tertawa karena senang menjaili warga, ada pula tawa itu mencerminkan amarah.

Empat jenis ketawa sundel bolong di film Suzzanna Malam Jumat Kliwon didapat Luna Maya setelah menonton ulang film-film klasik Suzzanna didampingi vocal coach, Teh Uci. Suara ketawa itu direkam dan dimainkan terus menerus hingga Luna Maya bisa mengikutinya.

“Ada vocal coach namanya Teh Uci. Kita bareng-bareng menonton film-film Suzzanna yang kebetulan ada ketawanya. Kita rekam, kita ulang-ulang terus. Tapi memang di film ini, ada eskalasi dari ketawanya sundel bolong,” kata Luna Maya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Jenis Ketawa Sundel Bolong

“Dari ketawa jail, ketawa marah, ketawa puas, dan ketawa supermarah. Dari eskalasi jail, marah, dan marah banget, itu lama banget take-nya. Karena memang ada beberapa shot yang panjang banget, susah banget,” ia menjelaskan.

Kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (29/7/2023), Luna Maya mengaku akting ketawa jadi PR tersendiri. Ia sering lupa bahwa saat ketawa harus menggunakan suara dari perut bukan head-voice atau suara dari leher. PR lain, mendalami cerita.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Aku Kesulitan Banget

“Aku kesulitan banget. Ini bukan biografi tentang Suzzanna. Ini berimajinasi andai beliau masih ada dan main film lagi, aktingnya seperti apa? Jadi yang diikuti skripnya,” Luna Maya menyambung.

Akhirnya, ia, produser Sunnil Soraya, dan sutradara Guntur Soeharjanto, bersepakat mengikuti pola akting Suzzana di film-film klasiknya yang legendaris. Keputusan ini pun menerbitkan tugas baru buat Luna Maya.

 

4 dari 4 halaman

Potongan-potongan Emosi

“Kita mencoba mencari potongan demi potongan kira-kira emosinya, cocok dialognya seperti ini lo. Yang kami kejar cara berdialog seperti yang ada di film-film Suzzanna yang kadang ada lucunya, marahnya datar, dan itu susah banget,” kenangnya.

Wajar jika Luna Maya kesusahan mengingat warna suaranya dengan Suzzanna beda banget. “(Cara Suzzanna mengucapkan kata yang ada huruf) L-nya itu sangat khas menurut aku,” Luna Maya mengakhiri.

Selain Luna Maya, Suzzanna Malam Jumat Kliwon diperkuat Achmad Megantara, Sally Marcellina, Tyo Pakusadewo, Taskya Namya, Adi Bing Slamet, hingga Opie Kumis. Film ini meneror bioskop mulai 3 Agustus 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini