Sukses

Fenomena Lebaran Betawi, Jadi Momentum Festival Jakarta Great Sale 2023 Hingga Disorot Sandiaga Uno

Minggu (21/5/2023), ada pembukaan Festival Jakarta Great Sale 2023 atau FJGS 2023 di Central Park Jakarta Barat, berbareng dengan Hari Lebaran Betawi.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran memang sudah lewat. Namun tahukah Anda, hari Lebaran Betawi ternyata jatuh pada 20 dan 21 Mei 2023. Sejumlah pihak merayakan dengan cara yang unik sekaligus meriah.

Minggu (21/5/2023), ada pembukaan Festival Jakarta Great Sale 2023 (FJGS 2023) di Central Park Jakarta berbareng dengan Hari Lebaran Betawi. Selain pembukaan FJGS 2023, ada pencanangan HUT DKI Jakarta ke-496 dan Festival Kuliner Betawi.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menyebut FJGS 2023 dan Festival Kuliner Betawi bertujuan meningkatkan sekaligus menggerakkan sektor ekonomi kreatif termasuk dunia seni di Jakarta tercinta.

Selain FJGS 2023 yang idenik dengan belanja, Lebaran Betawi juga tak luput dari perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. Ia mengunggah sejumlah potret kemeriahan Lebaran Betawi di akun Instagram terverifikasi, hari Minggu kemarin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebaran Betawi 2023

Siape bilang Betawi nggak berbudaye? Nih, rame dan meriah acara Lebarannye yang punya Jakarte. Semangat pagi saya hari ini diisi dengan menghadiri acara Lebaran Betawi 2023 yang diselenggarakan di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat,” tulisnya.

Di acara ini tidak hanya menikmati berbagai atraksi menarik seperti bedug, lenong, dan tradisi hantaran khas Betawi saat Lebaran yang disajikan oleh para pelaku kreatif, tetapi juga menikmati beragam kuliner khas Betawi dari para pelaku UMKM,” Sandiaga Uno menyambung.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Sektor Ekonomi Kreatif

Ia lantas merinci sejumlah kue tradisional dari kerak telor, gemblong, talam, hingga selendang mayang. Terpisah, Heru Budi Hartono dalam pembukaan FJGS 2023 juga mengajak seluruh mal dan retail mempromosikan kuliner Betawi lewat perhelatan akbar FJGS 2023.

“Semoga dengan FJGS 2023 dan Festival Kuliner Betawi, sektor ekonomi kreatif DKI Jakarta makin bergairah. Festival ini memberi ruang bagi UMKM binaan Provinsi DKI Jakarta dalam mempromosikan dan melestarikan kuliner khas Betawi yang mulai jarang ditemui,” katanya.

 

4 dari 4 halaman

94 Mal

Ketua Pelaksana FJGS 2023 sekaligus Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta, Mualim Wijoyo, menyatakan, FJGS tahun ini yang digelar mulai 21 Mei hingga 21 Juli 2023 diharapan menjadi simbol kebangkitan ekonomi kreatif Ibu Kota.

“FJGS 2023 diikuti 94 mal anggota APPBI DPD DKI Jakarta. Kami optimistis festival ini berjalan lancar dan target penjualan 6,5 triliun tercapai. Tren naik terlihat di awal tahun ketika PPKM dicabut, disambung musim belanja Lebaran, dan FJGS diproyeksikan sebagai puncaknya,” cetus Mualim Wijoyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini