Sukses

Film Dokumenter Joshua Tree Diputar Perdana, Sorot Anak Remaja Autistik yang Bisa Berkembang Berkat Kasih Sayang Keluarga

Film Joshua Tree merupakan persembahan dari Golden Collaboration dan Jeruk Bali yang menceritakan tentang Joshua, seorang remaja dengan autisme berat yang melawan ekspektasi.

Liputan6.com, Jakarta Pemutaran perdana film dokumenter berjudul Joshua Tree yang sempat mendapatkan nominasi Best Documentary Award, telah dilaksanakan di Metropole XXI, Megaria, Jakarta pada Jumat (5/5/2023) dengan dihadiri oleh 150 penonton.

Film Joshua Tree merupakan persembahan dari Golden Collaboration dan Jeruk Bali yang menceritakan tentang Joshua, seorang remaja dengan autisme berat yang melawan ekspektasi hingga akhirnya ia mengalami kemajuan yang luar biasa.

Joshua merupakan anak dari ibu keturunan Tionghoa-Indonesia dan ayah berkebangsaan Singapura. Joshua adalah anak kedua dari empat bersaudara. Kakaknya, Immanuel, kameramen dari film Joshua Tree, juga didiagnosis autisme.

Namun sekarang sang kakak sudah dapat menjalani kehidupan seperti masyarakat pada umumnya dan bahkan melanjutkan sekolah asrama di luar negeri. Joshua juga memiliki dua orang adik dan seluruh keluarga Joshua berperan aktif dalam pembuatan film ini termasuk dalam tumbuh kembangnya.

Pada saat pandemi COVID-19, orangtua Joshua memiliki ide untuk membuat film tentang anak remaja laki-laki mereka yang mengalami autisme berat dan kemajuan luar biasanya selama enam bulan.

Hal ini dilatarbelakangi oleh kepekaan dan kesadaran bahwa orangtua dan pendamping anak-anak dengan autisme berat seringkali merasa putus asa saat orang yang mereka sayangi tersebut tumbuh ke masa remaja dan dewasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Harapan Orangtua Joshua Melalui Film Joshua Tree

Melalui dokumenter ini, mereka berharap untuk menunjukkan bahwa dengan lingkungan, asupan nutrisi, aktivitas fisik, dan pola pikir orang di sekitarnya yang tepat, sangat mungkin untuk membawa perubahan menakjubkan dalam hidup individu autistik.

Dr. Deibby Mamahit, ibu dari Joshua mengatakan, “Joshua Tree adalah suatu pesan mengenai cinta dan pengharapan. Bahwa individu dengan Autisme bisa terus berkembang dan belajar. Jangan pernah menyerah. Nikmati mereka dan keistimewaan yang mereka punya.”

Manusia adalah bagian dari alam dan dapat dimetaforakan sebagai pohon. Seorang anak dalam spektrum autisme sangat memerlukan keluarganya. Sutradara melihat bahwa keluarga Joshua adalah inti dari semua ini.

Pohon tempat Joshua berpegang, berlindung, merasa aman dan berjalan terus menjalani hidupnya, atau dalam kata lain, keluarga adalah Joshua Tree.

Dr. Deibby Mamahit juga merupakan bagian dari Golden Collaboration, suatu segitiga kolaborasi bersama Gerd Winkler dan Rita Gendelman yang membantu keluarga dengan autisme lewat metode mereka yang unik dan efektif.

 

3 dari 6 halaman

Film Joshua Tree di Mata Sutradara

Cerita inspiratif ini menarik perhatian dan akhirnya digarap oleh sutradara George Arif bersama tim produksinya, Jeruk Bali.

“Secara organik selama beberapa tahun, saya diberi berkah untuk terlibat dalam beberapa film dokumenter tentang menjadi inklusif, tentang kawan difabel. Menarik. Cukup lama saya mengobservasi bagaimana belum siapnya kita menerima kawan-kawan ini," ujar George.

"Apalagi kawan yang terlihat “berbeda” secara kasat mata, seperti teman dalam spektrum autisme atau teman dengan hydrocephalus misalnya. Saat saya dihubungi oleh Dr. Deibby Mamahit tentang film Joshua Tree, saya meresponnya dengan senang hati. Mengapa tidak? Kita bisa membuat film dengan penceritaan sinematik tentang ini,” sambung George.

 

4 dari 6 halaman

Produksi Film Joshua Tree

Film ini diproduksi selama 2 tahun, dengan footage yang kebanyakan terdiri atas rekaman online meeting dan kamera telepon genggam, serta sebagian footage diproduksi secara proper dengan kamera sinema.

Bukan proses yang mudah, karena saat pasca produksi kita berenang dalam lautan rekaman online meeting yang puluhan jam dan kamera yang gelap terang bergoyang-goyang karena tidak dioperasikan oleh kru profesional.

Namun, kedekatan personal ibu, kakak dan pengasuh Joshua akan jauh lebih berpengaruh pada kekuatan isi dan cerita, ketimbang kecanggihan kru profesional.

 

5 dari 6 halaman

Tayang di Festival Film Berbagai Negara

Saat ini film Joshua Tree dalam perjalanannya di festival film berbagai negara. Sejauh ini Joshua Tree terpilih sebagai Official Selection London Best Documentary Award.

Sebuah kisah, sebuah perjuangan keluarga, sebuah kemungkinan akan masa depan lebih baik bagi teman dalam spektrum autisme, dan bagi kawan difabel lainnya. Semoga dapat menjadi sesuatu bagi kita, bagi Indonesia.

Proyek kasih sayang ini juga akan diputar di berbagai kota di Indonesia serta di Singapura, dan harapannya lokasi pemutaran dapat bertambah agar merangkul lebih banyak orang untuk melihat bahwa ada potensi luar biasa dalam individu autistik.

 

6 dari 6 halaman

Akses Menonton Film Joshua Tree

Film berdurasi 23 menit ini juga dapat diakses dan ditonton publik secara gratis di www.joshuatree.id pada periode terbatas yaitu 5-13 Mei 2023. Harapannya, Joshua Tree juga bisa menjadi inspirasi untuk setiap orang yang sedang mendampingi orang tersayang dengan autisme agar tidak berputus asa dan terus bersemangat dalam menjalani hari-harinya.

Tentang Golden Collaboration

Golden Collaboration adalah suatu segitiga kolaborasi yang membantu keluarga dengan autisme lewat metode mereka yang unik dan efektif dan terdiri dari 3 pakar dalam bidang masing-masing.

Mereka adalah Dr Deibby Mamahit, pendiri Brainworks, TouchHope dan Functional Health Centre - seorang functional doctor dan pakar biomed, Rita Gendelman - pakar reflexes treatment seputar emosi, sensori, dan perilaku), serta Gerd Winkler, pendiri Global Autism Solutions Approach (GASA) - pakar penanganan dan pola berpikir yang tepat dalam menghadapi perilaku anak dalam spektrum autisme

Tentang Jeruk Bali

George Arif telah berkiprah di industri film sejak 1999. Sejak 2003, George memiliki perusahaan produksi sendiri bernama Spin Productions yang membuat iklan dan dokumenter. Dia telah bekerja dengan mitra global dan karyanya ditayangkan di stasiun TV di seluruh dunia seperti di USA, UK, dan Singapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.