Sukses

Kaesang Pangarep Gagah, Erina Gudono Anggun Selama Upacara Adat Ngunduh Mantu di Solo

Mengenakan baju adat Basahan, Kaesang Pangarep pun mau tak mau harus memamerkan bentuk tubuhnya yang berotot dan gagah, sementara Erina Gudono memancarkan kecantikan khas wanita Jawa.

Liputan6.com, Jakarta Setelah menggelar prosesi akad nikah di Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022), pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menggelar upacara adat Ngunduh Mantu di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12/2022). Setelah itu, acara berlanjut dengan resepsi pernikahan.

Seperti bisa disimak melalui siaran langsung SCTV pada Minggu (11/12/2022) pagi, terlihat Kaesang Pangarep yang sudah sah menjadi suami Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022), sudah didampingi sang istri sambil mengenakan baju adat Basahan.

Lantaran mengenakan baju adat Jawa Basahan, Kaesang Pangarep pun mau tak mau harus memamerkan bentuk tubuhnya yang berotot dan gagah. Sementara Erina Gudono yang memakai busana kemben tampak anggun dan memancarkan kecantikan khas wanita Jawa.

Terlihat juga Presiden Jokowi berserta Ibu Negara Iriana datang satu rombongan dengan anak-anak, para menantu, serta cucu-cucu mereka. Semuanya tampak mengenakan beskap hitam saat tiba di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah. Jokowi pun sempat menyampaikan pernyataannya kepada media.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Jokowi

"Kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, sekaligus kita merawat kebudayaan, memelihara kebudayaan, karena budaya adalah warisan para leluhur kita. Oleh sebab itu mengenalkan, mencintai budaya kita adalah sebuah kewajiban bersama," kata Presiden Jokowi didampingi keluarga inti, sebelum upacara adat dilaksanakan.

"Oleh sebab itu, kecintaan pada budaya harus kita tunjukkan agar identitas budaya kita muncul kembali dan karakter budaya kita juga semakin kita cintai. Terima kasih," sambung Jokowi memungkasi.

 

3 dari 4 halaman

Prosesi Adat

Melansir Solopos, prosesi adat tahap awal yang dilaksanakan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono adalah pasrah panampi boyong temanten, dilanjutkan adat gepyokan dan minum air putih/air zam-zam, kemudian menaikkan kain sindur kepada pengantin hingga mereka berjalan menuju pelaminan.

Setelah pengantin duduk di pelaminan, barulah setelah itu upacara Pangabekten atau sungkeman dilaksanakan, disusul oleh Tumplak Punjen yang dilaksanakan dengan mendengar nasihat dari ayah Kaesang Pangarep, Joko Widodo alias Presiden Jokowi.

Tampak selama prosesi ini, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, mengapit cucu pertama mereka, Jan Ethes. Sementara Ibunda Erina Gudono didampingi oleh kakaknya. Di hadapan mereka terlihat anak-anak, para menantu bersimpuh di hadapan ayah mereka. Sementara cucu-cucu Jokowi juga ikut serta.

4 dari 4 halaman

Antusias Warga

Ribuan warga tampak memadati depan Loji Gandrung untuk menyaksikan upacara adat ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022).

Pantauan Liputan6.com, ribuan warga telah berdatangan di depan Loji Gandrung sejak pukul 5.30 WIB. Mereka rela datang lebih awal untuk bisa melihat prosesi ngunduh mantu putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Selain meihat prosesi ngunduh mantu, warga yang hadir di depan Loji Gandrung sekaligus untuk mengisi kegiatan car free day yang digelar setiap Minggu pagi.

Sejumlah petugas TNI dan Polri tampak berjaga ketat di jalan depan Loji Gandrung. Warga hanya boleh berdiri di tengah jalan protokol Slamet Riyadi. Area citywalk depan Loji gandrung steril dan dijaga petugas Paspampresl

Ritual adat ngunduh mantu digelar sekitar pulul 07.30 WIB. Beberapa menteri tampak sudah hadir seperti Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir serta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini