Sukses

Jokowi Ngunduh Mantu di Loji Gandrung Solo, Erick Thohir Pimpin Geladi Resik Kereta Kencana Kaesang Pangarep

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN RI, Erick Thohir, membenarkan bahwa Presiden Jokowi akan menggelar prosesi ngunduh mantu di Loji Gandrung Solo. Namun, tanggalnya masih dirahasiakan.

Ngunduh mantu adalah salah satu dari rangkaian pernikahan akbar Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Akad nikah digelar pada 10 Desember 2022 di Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Akhir pekan lalu, Erick Thohir berada di Solo untuk memimpin geladi resik arak-arakan kereta kencana Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dengan rute dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran Solo.

Melansir dari video jumpa pers di kanal YouTube Berita Surakarta, Minggu (27/11/2022), rute tersebut akhirnya dikonfirmasi Erick Thohir kepada awak media, ketika ditemui di Pura Mangkunegaran Solo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ngunduh Mantu di Loji Gandrung

“Jadi alhamdulillah hari ini tadi, kan ngunduh mantunya itu kan di Loji Gandrung. Tadi sudah digeladi resik. Semua acara di sana, baru naik kereta ke sini (Pura Mangkunegaran),” katanya.

Pura Mangkunegaran dipilih keluarga Jokowi sebagai lokasi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep. Tempat bersejarah ini telah dipoles dengan membangun ulang cetak biru Taman Pracima di era 1920-an.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Hormat Adat Istiadat

Tasyakuran ini digelar dengan tunduk patuh pada aturan Pura Mangkunegaran Solo. Erick Thohir menyebut tasyakuran ini momen berbagi kebahagiaan dengan masyarakat Solo dan sekitarnya.

“Tentu adat istiadat kita juga hormat kan di sini. Jadi di sini lebih (ke acara) tasyakuranlah. Bukan sesuatu yang kita mengubah adat istiadat yang sudah kita pahami dan hormati,” Erick Thohir menyambung.

 

4 dari 4 halaman

Bagian Dari Masyarakat

“Seperti yang sudah saya sampaikan bagaimana acara ini juga melibatkan masyarakat. Ini bukan sebuah acara hanya buat beliau-beliau tapi beliau sendiri kan bagian dari masyarakat Solo,” pungkasnya.

Terkait tanggal ngunduh mantu, Erick Thohir enggan mengungkap detail. Dari informasi yang beredar di kalangan jurnalis, ngunduh mantu dilaksanakan setelah akad nikah yang digelar 10 Desember 2022.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS