Sukses

Langkah Ifan Seventeen untuk Sejahterakan Musisi Tanah Air Soal Keresahan Royalti

Ifan Seventeen bersama dengan Satria Alexa menggarap Kunci Rumah Entertainment dan meluncurkan KunciPlay

Liputan6.com, Jakarta Ifan Seventeen membuat sebuah langkah nyata di dunia musik Tanah Air. Berangkat dari keresahan para musisi terkait hak kekayaan intelektual hingga transparansi royalti sebuah karya, ia meluncurkan sebuah platform digital berbentuk aplikasi bernama KunciPlay.

Di bawah naungan perusahaan Kunci Rumah Entertainment, KunciPlay ini dinilai menjadi harapan baru untuk para musisi Indonesia. Nantinya, karya atau lagu yang berada dalam KunciPlay sangat bersifat eksklusif karena tidak bisa didengarkan pada platform sejenis.

"Berangkat dari keresahan gua sih tentang royalti para musisi yang sampai detik ini tidak bisa mensejahterakan atau tak adanya keadilan," kata Ifan Seventeen dalam jumpa pers Kunci Rumah Entertainment, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (11/11/2022).

KunciPlay sangat mementingkan orisinalitas sebuah karya dan hak royalti untuk musisi Maka dari itu, untuk royalti sendiri, KunciPlay sangat detail dan transparan memaparkan pembagian hasil karya yang terjual untuk pemilik NFT Musik dan musisi yang merilis NFT Musiknya. Nantinya, setiap bulan dari total jumlah yang berlangganan KunciPlay akan dibagi untuk pemilik NET Musik dan royalti untuk musisi yang merilis aset digitalnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merasakan Sendiri

Terlebih lagi, Ifan Seventeen juga merasakan sendiri bagaimana mirisnya soal hak royalti yang ada di Indonesia . Ia menyebut bahwa pernah suatu saat Seventeen berada dalam lima deretan grup musik yang mendapatkan royalti terlaris sebanyak 10 juta kali pemutaran lagu.

"Bayangkan, kalau 1 juta kali diputar, itu Rp 3 juta. Makanya di luar sana banyak musisi yang teriak soal royalti. Seventen dulu sempat menjadi 5 deretan musisi yang mendapatkan royalti terlaris tapi dapatnya 30 juta dan dibagi 5 sangat miris sekali," ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Eksklusif

Dari situ, Ifan Seventeen bersama dengan Satria Alexa kemudian menggarap Kunci Rumah Entertainment dan meluncurkan KunciPlay.

"Ini tuh digital platform musik yang khusus untuk para musisi yang merilis NFT musiknya di Kunci Rumah Entertainment. Nantinya, akan bersifat eksklusif karena tidak bisa didengarkan pada platform jenis lain," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Transparansi

Tak hanya itu, pendapatan royalti musisi bisa dilihat secara langsung di aplikasi tersebut secara transparan. Bahkan bukan hanya musisinya saja, tetapi juga transparansi itu ditunjukkan juga ke masyarakat Indonesia.

"Bukan hanya musisi saja yang nanti bisa lihat royaltinya senilai berapa, tapi masyarakat Indonesia juga bisa melihat royalti musisinya. Musisi dengan karya yang bagus itu harusnya sejahtera," kata Ifan Seventeen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.