Sukses

Sejarawan: Mendiang Ratu Elizabeth II Mengasihi Pangeran Harry hingga Akhir Hayatnya

Liputan6.com, London - Masih banyak cerita yang tersisa di balik hidup—dan juga kematian—Ratu  Elizabeth II. Salah satunya adalah mengenai hubungannya dengan Pangeran Harry, yang dikenal memiliki relasi kurang baik dengan sejumlah anggota keluarga Kerajaan Inggris.

Meski begitu, kasih Ratu Elizabeth untuk cucunya ini tampaknya tak terkikis. “(Ratu Elizabeth II) mengasihi Harry hingga akhir dan Harry juga mengasihinya,” begitu pernyataan sejarawan Robert Hardman yang menulis biografi sang Ratu Inggris, diwartakan People pada Kamis (22/9/2022).

Tak heran, salah satu hal yang ingin disaksikan olehnya adalah perdamaian dalam keluarganya.

“Menurutku ia adalah salah satu saluran yang menghubungkan antara Windsor dengan California, dan salah satu harapannya adalah [keluarganya] memperbaiki keadaan,” kata sang sejarawan. Seperti diketahui, sejak mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris, Pangeran Harry dan Meghan Markle tingggal di California, Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Rikuh dengan Pangeran William

Sumber dalam istana mengatakan kepada People bahwa Pangeran Harry dan William pun mengupayakan hal ini begitu berita duka mengenai kematian sang nenek tiba. Salah satunya dengan berjalan bersama melihat penghormatan yang diberikan publik di Kastil Windsor, dua hari setelah Ratu Elizabeth II meninggal.

“Suasananya rikuh. Kedua pasangan ini merasa berat melakukannya,” kata sang sumber. Ia menambahkan, “Mereka menabahkan hati dan menjalaninya demi sang Ratu."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Bersatu pada Masa Sulit

Pangeran William sendiri disebut merasa momen yang berlangsung di mata publik ini sangat penting untuk dilakukan. Yakni untuk memperlihatkan bahwa keluarga Kerajaan Inggris bersatu pada masa sulit.

“Ini adalah momen bersejarah yang luar biasa dan juga sangat pribadi bagi keluarga, sehingga orang bisa berpikir bahwa semua anggota keluarga bersatu dan mendukung [Raja Charles III]. Dan mungkin dalam prosesnya, sebagian luka bisa disembuhkan," kata sang sumber.

4 dari 4 halaman

Sudah Kembali ke California

Pangeran Harry dan Meghan Markle sendiri saat ini diketahui telah meninggalkan Inggris dan kembali ke California. Mereka bertolak tak lama usai pemakaman yang dilangsungkan pada Senin (19/9/2022) lalu. 

"Meghan dan Harry bersiap untuk kembali ke Montecito segera setelah pemakaman, di mana mereka akan bertemu kembali dengan Archie dan Lilibet setelah berpisah selama lebih dari dua minggu," kata salah satu sumber.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS