Sukses

Candra Darusman Jadi Ketua Umum Yayasan Anugerah Musik Indonesia Periode 2022-2027

Liputan6.com, Jakarta Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) merupakan organisasi independen yang memberikan penghargaan tertinggi kepada insan musik kreatif Indonesia yang berprestasi. Yayasan Anugerah Musik Indonesia bertujuan untuk mengakui prestasi yang luar biasa dari karya musik musisi terbaik Indonesia dalam rangka meningkatkan kreativitas, kapasitas dan kualitas para pelaku insan musik Indonesia.

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1996 hingga sekarang, Yayasan Anugerah Musik Indonesia telah memberikan kontribusi nyata dalam memajukan industri musik Indonesia. Masuk di 25 tahun penyelenggaraan AMI Awards, sudah terjadi 5 (lima) kali pergantian jabatan Ketua Umum.

Pada tahun 1996-1999 Ketua Umum yang menjabat adalah Erwin Harahap yang kemudian digantikan oleh Dimas Wahab (1999-2003), berlanjut ke kepemimpinan Titiek Puspa di Periode tahun 2003-2006, yang kemudian diserahterimakan ke Tantowi Yahya yang menjabat selama 2 periode di 2006-2016. Setelah itu Ketua Umum dijabat oleh Dwiki Dharmawan sejak 2016 hingga di tanggal 24 Januari 2022 yang lalu, digantikan oleh Candra Darusman yang akan menjabat selama 5 tahun ke depan hingga tahun 2027.

Selama masa kepemimpinan, Ketua Umum Yayasan AMI akan dibantu oleh beberapa orang stake holder dari Industri Musik yang akan berperan sebagai BoD [Board of Director] Yayasan AMI. Tugas dari para BoD adalah mendampingi Ketua Umum Yayasan AMI dengan memberikan pendapat dan solusi demi kemajuan AMI ke depannya.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Board of Director

Di masa kepemimpinan Candra Darusman sudah terpilih beberapa orang yang menduduki posisi sebagai BoD AMI. Berikut adalah daftar BoD [Board of Director] Yayasan AMI Periode 2022-2027; Tantowi Yahya, Triawan Munaf, Dwiki Dharmawan, Iman RN Sastrosatomo, Yonathan Nugroho, David Karto, Wisnu Surjono, Andreas Wulur, Ikke Nurjanah, Gita Gutawa. Sementara untuk Dewan Pengawas diisi oleh Mohammad Kadri dan Diaz FM Hendropriyono.

Pelantikan BoD [Board of Director] Yayasan Anugerah Musik Indonesia periode 2022-2027 diselenggarakan pada Jumat, 12 Agustus 2022 lalu, di Artoz Bar, The Energy Building 2nd Floor SCBD Jakarta Selatan. Di sepanjang penyelenggaraan AMI banyak terjadi pencapaian dan perubahan demi kemajuan AMI kedepannya.

"Semoga di masa kepemimpinan Ketua Umum AMI Candra Darusman dan para BoD, Anugerah Musik Indonesia bisa terus menjadi bagian penting dari perkembangan industri musik Indonesia dengan menghadirkan penghargaan yang berkualitas, merangkul seluruh insan musik kreatif dan independen," tulis perwakilan YAMI melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com baru-baru ini. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Persiapan AMI Awards 2022

Proses menuju perhelatan Anugerah Musik Indonesia ke 25 tahun 2022, sudah dimulai sejak Pendaftaran lagu secara online di tanggal 17 Mei 2022. Setelah pendaftaran lagu ditutup di tanggal 09 Juli 2022, jumlah lagu yang terdaftar ada 4.156 entry yang terdiri dari beberapa genre antara lain pop, rock, jazz, dangdut, lagu anak-anak, keroncong, soul/r&b, metal, rap/hiphop, blues, alternatif, dance/elektronika, folk, progressive, reggae dan world music.

Sidang kategorisasi AMI berlangsung dari tanggal 18-29 Juli 2022 dilakukan secara offline dan online.

4 dari 5 halaman

Penambahan Kategori baru

Berdasarkan sidang kategorisasi AMI tahun ini , jumlah kategori di AMI tahun ini adalah 57 Kategori dengan penambahan dan penyempurnaan beberapa kategori baru antara lain : Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer Terbaik; Duo/Grup/Kolaborasi R&B Kontemporer Terbaik; Artis Solo Pria/Wanita Rap/Hiphop Terbaik; Duo/Grup/Kolaborasi Rap/Hiphop Terbaik; Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Metal Terbaik; serta Album Metal Terbaik. 

 

5 dari 5 halaman

Voting Tahap Pertama

Anugerah Musik Indonesia memiliki tema tahun ini yang selaras dengan Presidensi G20 “Recover Together, Recover Stronger Through Music” saat ini sedang masuk Voting Online tahap pertama yang dilakukan oleh Voting Member AMI untuk memilih entry yang masuk sebagai nominasi AMI Awards yang akan diumumkan ke public di bulan September nanti.

Setelah pengumuman Nominasi AMI akan dilakukan Voting Online tahap kedua, yang hasilnya berupa penerima Anugerah Musik Indonesia tahun ini yang akan diumumkan ke public di Bulan Oktober nanti.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS