Sukses

Ruben Onsu dan Sarwendah Mengaku Dalam Pengawasan Dokter Tetap Bekerja Meski Sedang Sakit

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah masih sibuk bekerja meski keduanya sama-sama dalam kondisi sakit. Sarwendah diketahui tengah menderita penyakit langka pada batang otak.

Sementara Ruben Onsu sempat dilarikan ke ICU salah satu rumah sakit dan menjalani perawatan. Bapak tiga anak itu bahkan sampai menerima transfusi darah saat dirawat di rumah sakit. Meski begitu, keduanya tetap giat bekerja.

Sarwendah mengatakan, ia dan bapak Betrand Peto bekerja untuk membiayai pengobatan penyakit masing-masing. "Kalau misalnya orang nanya kenapa sih masih kerja atau kaya gimana, ya realistis aja walaupun sakit kita juga butuh biaya," kata Sarwendah seperti dikutip dari tayangan Kiss Pagi di saluran YouTube Indosiar, Senin, 27 Juni 2022.

"Lagian kalau orang yang sudah terbiasa kerja dan tiba-tiba kita disuruh diam saja di rumah, itu juga nggak mungkin," dia menambahkan.

 

2 dari 4 halaman

Dalam Pengawasan Dokter

Soal bekerja dalam kondisi sakit, Sarwendah mengatakan, jika dirinya dan Ruben Onsu tetap mendapat perhatian dan pengawasan dari dokter masing-masing.

Keduanya tak ingin pasrah menjalani pengobatan penyakit dengan berdiam diri tanpa mengerjakan aktifitas yang biasa mereka lakukan.

"Malah mungkin bisa bertambah pikirannya jadi tambah stres (kalau hanya berdiam diri). Jadi segala sesuatu kerjaan yang kita lakukan sekarang pun dalam pengawasan dokter, jadi dokter pun mengizinkan," Sarwendah menuturkan.

 

3 dari 4 halaman

Utamakan Psikis

Dengan bekerja, dijelaskan Sarwendah, ia dan Ruben Onsu mendapat banyak manfaat selain mengalihkan pikiran terhadap penyakit yang menyerang tubuh masing-masing.

Sebab, kata dia, kesehatan secara psikologi juga perlu diperhatikan dalam menjalani pengobatan penyakit keduanya.

"Sebenarnya kan orang kalau badannya lagi nggak fit, sakit gitu ya, yang perlu mereka perhatikan juga kan secara psikisnya mereka. Kalau bahagia pasti imunnya mereka juga tambah naik," Sarwendah menerangkan.

 

4 dari 4 halaman

Saling Menguatkan

Sarwendah mengatakan, saat ini dirinya dan Ruben Onsu bukan dalam kondisi kesehatan yang menurun. Meski sakit, keduanya masih bisa menjalankan dan mengerjakan aktifitas masing-masing.

Yang dibutuhkan Ruben Onsu dan Sarwendah selain menjalani pengobatan demi mencapai kesehatan maksimal, yakni dengan saling mendukung satu sama lain.

"Pokoknya doain lah aku sama ayah, semuanya sehat gitu, sekarang tuh masih masa pengobatan lah istilahnya. Berdua lagi menguatkan diri masing-masing, menguatkan satu sama lain juga," Sarwendah mengakhiri.