Sukses

Tim Penyelam Batal Patroli Mencari Eril Anak Ridwan Kamil, Arus Sungai Aare Kelewat Deras

KBRI di Bern mengabarkan perkembangan terkini soal pencarian Eril anak Ridwan Kamil. Tim penyelam batal patroli pada Kamis (2/6/2022). Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI di Bern, Swiss, mengabarkan perkembangan terkini soal pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang hilang di sungai Aare sejak Kamis (26/5/2022).

Melansir dari siaran pers di situs resmi kemenlu.go.id, Jumat (2/6/2022), pencarian putra Ridwan Kamil sepanjang Kamis (2/6/2022) dilanjutkan dengan mengerahkan patroli darat, patroli perahu, dan penerbangan drone.

Tim penyelam yang semula hendak dikerahkan untuk melacak keberadaa putra Atalia Praratya batal beraksi karena faktor keselamatan. Arus sungai Aare pada hari itu kelewat deras.

“Penyelam tidak dapat dikerahkan karena pertimbangan derasnya arus Sungai Aare hari ini,” terang pihak KBRI di Bern. Setelahnya, KBRI di Bern membeberkan fokus pencarian.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fokus Pencarian

“Fokus pencarian hari ini adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde, serta patroli di area antara Schwellenmaetelli hingga Wohlensee,” demikian dikutip Showbiz Liputan6.com pada hari yang sama.

Dalam kesempatan itu, KBRI di Bern membenarkan bahwa Rabu (1/6/2022), Ridwan Kamil kembali menyempatkan menyusuri tepian sungai Aare untuk memeriksa tempat-tempat potensial untuk mencari Eril.

3 dari 4 halaman

Pulang Ke Indonesia

Rute-rute darat dan perairan yang dapat ditempuh secara aman telah disusuri Gubernur Jawa Barat. Sayang, belum ada titik terang. Kamis (2/6/2022), Ridwan Kamil dan Atalia Praratya kembali ke Indonesia.

“Bapak Ridwan Kamil dan keluarga kembali ke Indonesia, pada Kamis sore (2/6) untuk menjalankan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat,” pihak KBRI di Bern mengonfirmasi.

4 dari 4 halaman

Imbau Salat Gaib

Diberitakan sebelumnya, Kamis kemarin, MUI Jawa Barat mengimbau masyarakat Islam di Tanah Air menggelar salat gaib menyusul perubahan status Eril dari orang hilang menjadi orang tenggelam. Perubahan status ini membuka kemungkinan Eril telah meninggal dunia.

“Kepada seluruh masyarakat Muslim untuk melakukan salat gaib atas almarhum Emmeril Kahn Mumtadz pada hari Jumat, 3 Juni 2022 di setiap masjid/ musala, bisa dilakukan sebelum salat Jumat. Bisa juga dilakukan bada salat Jumat,” imbau pihak MUI Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.