Sukses

Pencarian Eril Anak Ridwan Kamil Libatkan Komunitas Bantaran Sungai Aare, Klub Pendayung Hingga Pemancing

KBRI di Bern, Swiss, kembali menyampaikan perkembangan terkini terkait pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bern, Swiss, kembali menyampaikan perkembangan terkini soal pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang hilang di Sungai Aare, sejak Kamis (26/5/2022).

Siaran pers yang disebarkan akun Twitter terverifikasi @jabarprovgoid pada Rabu (1/6/2022) dalam format utas, membeberkan Kepala Kepolisian Maritim Bern menyebut pencarian Eril di sungai Aare, terfokus di antara dua pintu air.

Pencarian diperkuat dengan patroli intensif pada wilayah setelah pintu air kedua. Sejumlah komunitas di bantaran sungai Aare pun dilibatkan untuk melacak keberadaan Eril.

“Bahwa berbagai komunitas di sepanjang bantaran sungai Aare telah terinformasikan dengan baik untuk memperluas keterlibatan unsur masyarakat dalam upaya pencarian, seperti Klub Pendayung, Klub Pemancing, dan komunitas berkebun,” ujar pihak KBRI di Bern.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keputusan Gunakan Penyelam

Siaran pers ini juga menyebut cuaca di Bern beberapa hari ke depan diprediksi hujan, dengan badai di area pegunungan. Hal ini akan sangat memengaruhi kondisi air di sungai Aare.

“Polisi Maritim Bern akan melanjutkan pencarian intensif besok hari dengan metode yang sama dengan sebelumnya: patroli darat, perahu, drone. Keputusan menggunakan penyelam sangat situasional karena kondisi alam yang tidak menentu,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Rute Ridwan Kamil

Di sisi lain, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya tak henti melakukan usaha mandiri untuk memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran sungai Aare.

“Rute yang ditempuh oleh orang tua Sdr. Eril termasuk rute darat dan beberapa wilayah perairan yang masih aman untuk dijelajahi manusia,” pihak KBRI di Bern menerangkan.

4 dari 4 halaman

Polisi Maritim, Pemadam Kebakaran

Upaya pencarian Eril oleh tim SAR melibatkan Polisi, Polisi Maritim, dan Pemadam Kebakaran, serta didukung Pemerintah Kanton Bern. Upaya pencarian intensif masih berlangsung dan akan terus dilanjutkan.

Diberitakan sebelumnya, Ridwan Kamil di akun Instagram terverifikasinya mengunggah doa agar Allah memudahkan pencarian Eril. “Mohon doanya, pencarian ananda Eril masih terus dilakukan. Semoga Allah SWT memudahkan ikhtiar ini. Amin, YRA,” ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.