Sukses

Registrasi LTMPT Bermasalah, Begini Cara Mengatasinya

Kesulitan registrasi LTMPT di portal yang ada?

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merupakan badan penyelenggara untuk calon mahasiswa baru. Lembaga ini di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemenbud) RI.

Calon mahasiswa baru harus mendaftarkan diri melalui portal LTMPT.

Dalam portal tersebut, diumumkan batas akhir registrasi yang harus dilakukan pihak sekolah.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Ditutup

Dalam portal.ltmpt.ac.id, diumumkan tanggal akhir registrasi.

"Registrasi akun LTMPT sekolah, penentuan siswa eligible, dan pengisian PDSS ditutup pada 08 Februari 2022 pukul 15.00 WIB," begitu isi pengumuman tersebut.

3 dari 7 halaman

Error

Namun, tak mudah juga masuk ke portal LTMPT yang telah tersedia. Tak sedikit yang mengeluh website tersebut error.

Bila seperti itu, bagaimana mengatasinya?

4 dari 7 halaman

Kendala

Banyak kendala yang ditemui para siswa saat ingin masuk ke dalam portal LTMPT. Apa saja? Dilansir dari kanal YouTube GEP Media, 13 Januari 2022.

"Kalau temen-temen sudah mencoba pasti tahu banget nih kendala apa aja yang kalian hadapi waktu daftar akun LTMPT. Ada yang bilang web sama sekali tidak bisa diakses. Ada juga keluar tulisan terjadi masalah dengan API Pusdatin Kemdikbud," terang seorang wanita dalam video tersebut.

 

5 dari 7 halaman

Solusi

Dalam video ini juga diberikan solusi agar bisa daftar akun LTMPT. Sehingga para siswa jangan khawatir ya.

"Buat temen-temen yang enggak bisa banget nih masuk atau loading-nya lama banget, atau ada tulisan error kalian jangan panik. Ini biasanya karena banyaknya orang yang mengakses ke website tersebut, dan akhirnya down. Solusinya dengan me-refresh komputer, laptop, HP yang dipakai," lanjutnya.

"Setelah di-restart masih aja berat, jadi kemungkinan dari device-nya kebanyakan data. Jadi harus dihapus dulu data-data yang tidak penting," sambungnya.

6 dari 7 halaman

Cek Sinyal

Demi kelancaran pendaftaran, yang harus diperhatikan adalah sinyal.

"Kamu juga harus ngecek nih kekuatan sinyal. Kan ini ada yang pakai wifi atau data, jadi pastikan sinyalnya kuat," bebernya.

 

7 dari 7 halaman

Kesalahan Sistem

Bila menemukan kalimat "terjadi masalah dengan API Pusdatin Kemdikbud" itu merupakan kesalahan dari sistem.

"Solusinya, tak beda jauh dengan yang pertama. Kalian bisa me-refresh terus, dan mencoba terus. Dan coba deh daftar di jam yang sepi pengakses," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.