Sukses

HUT Indosiar ke-27: Nostalgia 6 Drama Korea Populer yang Pernah Tayang di Saluran TV Luar Biasa

Dalam rangka HUT ke-27, mari bernostalgia drakor klasik populer yang pernah tayang di Indosiar.

Liputan6.com, Jakarta Stasiun TV Indosiar akan merayakan ulang tahun pada 11 Januari 2022 besok. Selama 27 tahun mengudara, Indosiar senantiasa menyajikan program yang menghibur pemirsa TV di Indonesia. Sejak tahun 2000-an, drama Korea atau drakor menjadi salah satu program unggulan Indosiar.

Pada era 2000-an, belum ada platform streaming. Operator TV berbayar pun belum menyediakan kanal hiburan Korea. Pilihan nonton legal drakor hanya dua; lewat TV nasional atau VCD-DVD original, yang harganya cukup mahal dan distribusinya hanya di kota besar.

Beberapa TV swasta juga menayangkan drakor, tapi umumnya judul pilihan Indosiar yang meraih rating tinggi dan banyak dibicarakan. Dalam rangka HUT Indosiar ke-27, berikut kami rangkum drakor klasik era 2000-an yang sempat populer ketika tayang di Indosiar.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Endless Love

Di luar negeri, serial produksi tahun 2000 beredar dengan judul Autumn In My Heart. Dibintangi tiga artis yang sampai saat ini masih eksis yaitu Song Hye Kyo, Song Seung Heon, dan Won Bin.

Bercerita tentang Eun Suh, gadis remaja yang hidupnya berubah dalam semalam. Awalnya ia tumbuh di keluarga kaya. Ia juga dijaga oleh kakak laki-lakinya, Jun Suh. Sebuah kecelakaan menimpa Eun Suh, dan terungkap dari golongan darah bahwa ia bukan anak kandung orang tuanya. Eun Suh pun lantas hidup bersama ibu kandungnya dalam kondisi sederhana.

Beberapa tahun kemudian, ia kembali bertemu dengan Jun Suh, yang dulu dikenalnya sebagai kakak. Hubungan mereka berkembang jadi romantis. Namun masalah datang bertubi-tubi, salah satunya Eun Suh didiagnosis mengidap Leukemia. Pemilihan ending tragis membuat drakor yang satu ini masih dikenang hingga sekarang.

3 dari 7 halaman

Jewel In The Palace

Berjudul asli Dae Jang Geum, drakor produksi 2003 ini disebut menjadi salah satu penyebab demam Korea alias Korean Wave di berbagai negara. Jewel In The Palace telah tayang di 91 negara, termasuk Indonesia.

Jewel In The Palace merupakan drama historikal. Ceritanya diilhami dari sejarah budaya Korea. Mengangkat kisah tentang Jang Geum, salah satu dokter wanita pertama dari era Joseon. Karakter ini dibawakan dengan apik oleh aktris Lee Young Ae. Drakor berjumlah 54 episode ini menceritakan perjalanan Jang Geum sejak kecil hingga jadi dokter yang disegani.

4 dari 7 halaman

Stairway To Heaven

Kisah asmara mengharu biru menjadi daya tarik Stairway To Heaven. Serial ini diproduksi di Korea pada 2003-2004, dan pernah tayang di Indosiar pada 2005 kemudian tayang ulang dua tahun kemudian. Bumbu ceritanya bisa dibilang 'sinetron' banget, ada ibu dan kakak tiri kejam, amnesia hingga terkena kanker. Tak heran jika sempat muncul setidaknya lima judul sinetron lokal yang jalan ceritanya dituding menyadur Stairway To Heaven.

Jung Suh seorang wanita yang menderita. Ibunya meninggal akibat kanker mata, kemudian ayahnya menikah lagi dengan artis perempuan yang memiliki dua anak dari pernikahan sebelumnya. Ibu tiri dan saudara perempuan Jung Suh kerap menyiksanya. Yoo Ri, saudara tiri Jung Suh menyukai Song Joo yang merupakan kekasih Jung Suh.

Yoo Ri bahkan tega mencelakakan Jung Suh sampai ia menderita amnesia. Ketika ingatan Jung Suh mulai pulih, ia didiagnosis mengidap kanker mata. Ending-nya? Dijamin banjir air mata. Selain kisah yang tragis, akting Choi Ji Woo, Kwon Sang Woo dan Kim Tae Hee yang maksimal sukses bikin emosi penonton teraduk-aduk.

5 dari 7 halaman

Full House

Bergenre komedi romantis, Full House menyuguhkan banyak adegan lucu sekaligus manis. Song Hye Kyo dan Rain berhasil menciptakan chemistry yang ciamik dalam drakor rilisan tahun 2004.

Ji Eun adalah seorang wanita yang bercita-cita jadi penulis terkenal. Suatu hari ia mendapat tiket liburan gratis dari dua temannya. Saat liburan, Ji Eun bertemu Young Jae, aktor terkenal yang terus bertengkar dengannya.

Tak disangka, sepulang liburan ia mendapati rumahnya telah dijual oleh dua temannya tadi. Pembelinya tak lain adalah Young Jae. Kemudian Young Jae menawari Ji Eun untuk kawin kontrak, dengan tujuan membuat pacarnya cemburu. Dari sering berdebat, Young Jae dan Ji Eun akhirnya jatuh cinta.

6 dari 7 halaman

Cruel Temptation

Di luar negeri, serial ini dikenal dengan judul Temptation Of Wife. Kebanyakan drakor yang tayang di Indosiar berjumlah 16 episode. Tapi seiring sinetron Indonesia yang menerapkan sistem stripping sejak tahun 2007, Indosiar pun mulai mencoba menayangkan drakor harian (daily drama) yang berjumlah lebih dari 100 episode. Salah satunya drakor produksi 2008 ini.

Ceritanya tentang Eun Jae, wanita karier yang mengabdi jadi istri dan ibu rumah tangga setelah menikah dengan Gyo Bin. Eun Jae selalu diremehkan mertuanya dan diperlakukan bak pembantu.

Gyo Bin selingkuh dengan Ae Ri yang merupakan sahabat Eun Jae sejak remaja. Ae Ri dan Gyo Bin bahkan nekat membunuh Eun Jae. Tapi Eun Jae tidak mati. Ia ditolong Gun Woo seorang pria tampan, dan kemudian mengubah identitasnya jadi So Hee. Kini So Hee berubah jadi wanita yang tegas dan dingin, siap membalas dendam pada Gyo Bin dan Ae Ri.

7 dari 7 halaman

Boys Before Flowers

Di negara lain dikenal dengan judul Boys Over Flowers. Drakor yang diproduksi tahun 2009 ini merupakan adaptasi dari komik Jepang berjudul Hana Yori Dango. Sebelumnya, kisah ini diadaptasi sineas Taiwan dengan judul Meteor Garden pada 2001.

Lee Min Ho, Kim Hyun Joong, Kim Bum dan Kim Joon berperan sebagai F4. Sementara aktris utamanya adalah Ku Hye Sun, memerankan tokoh Geum Jan Di. Bercerita tentang Jan Di, putri seorang tukang cuci yang mendapat beasiswa untuk sekolah di SMA bergengsi. Di sana ia harus berhadapan dengan Gu Jun Pyo, pimpinan F4 yang terlihat egois dan pemarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.