Sukses

Snowdrop Diprotes, 200 Ribu Warganet Teken Petisi Sebut Drakor Ini Mendistorsi Sejarah

Petisi yang memprotes drakor Snowdrop masih dibuka hingga 18 Januari 2022.

Liputan6.com, Seoul - Snowdrop kembali menuai petisi. Drama Korea yang dibintangi Jisoo Blackpink dan Jung Hae In ini menuai keresahan yang dituang dalam sebuah petisi yang dialamatkan ke Cheong Wa Dae, Istana Kepresidenan.

Paraf yang dikumpulkan tak tanggung-tanggung, saat artikel ini ditulis mencapai lebih dari 200 ribu tanda tangan. [Petisi ](muncul "")ini masih akan dibuka hingga 18 Januari tahun depan. 

Diwartakan Allkpop, Senin (20/12/2021), sebagian penonton menilai ada fakta sejarah Korea yang telah didistorsi.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Poin yang Dipermasalahkan

Dalam petisi ini, dinyatakan bahwa episode pertama menampilkan tokoh utama wanita yang dengan keliru menyelamatkan mata-mata melawan gerakan pro-demokrasi.

Disebutkan pula bahwa saat seorang tokoh dari National Sercurity Planning mengejar mata-mata yang diperankan oleh tokoh utama pria, diputar lagu yang memiliki nilai penting. Lagu ini digunakan sebagai simbol gerakan pro-demokrasi.

3 dari 5 halaman

Dituduh Meromantisasi

Hal lain yang bikin pendukung petisi ini gerah, yakni drama ini dianggap meromantisasi posisi mata-mata yang diperankan oleh sang tokoh utama.

Sang mata-mata yang secara keliru dianggap merupakan tokoh pro-demokrasi juga dianggap sebagai pembelokan sejarah. Alasannya, adalah dalam kenyataannya banyak warga tak berdosa yang disiksa pemerintah saat itu, karena secara keliru dianggap sebagai mata-mata.

4 dari 5 halaman

Tanggapan Warganet

Beberapa warganet menuangkan komentar terkait petisi dan drakor ini.

"Tidak layak menggunakan lagu yang begitu signifikan untuk adegan yang menampilkan agen dari National Security Planning dan seorang mata-mata," kata seorang warganet.

"Drama yang menampilkan narasi yang merusak nilai sejarah dari gerakan pro-demokrasi," kata yang lain

5 dari 5 halaman

Sejak Belum Tayang

Snowdrop sudah sempat dihajar protes lewat petisi, bahkan sebelum dramanya tayang. Kala itu, beredar sinopsis drama ini di media sosial, dan tak sedikit yang menuduh drakor ini bakal memelintir sejarah. Pihak JTBC maupun tim drama berkali-kali membantahnya, termasuk anggapan meromantisasi mata-mata dan agen NSP. 

"Dalam latar ini, seorang mata-mata Korea Utara dan seorang agen NSP yang mengejar sang mata-mata hadir sebagai para karakter utama. Mereka bukan karakter yang mewakili organisasi atau badan pemerintah yang terkait. Mereka adalah karakter yang menekankan sudut pandang kritis atas NSP, yang secara aktif mendukung niat jahat yang ingin mempertahankan kekuatan partai pemegang kekuasaan," tutur JTBC Maret lalu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.