Sukses

Buya Yahya Bahas Hukum Waris Anak Yatim Piatu, Warganet Ramai-Ramai Sindir Doddy Sudrajat

Contoh yang disampaikan Buya Yahya itu begitu mirip dengan apa yang dialami oleh mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah.

Liputan6.com, Jakarta Di media sosial, beberapa waktu lalu beredar video ceramah dari Buya Yahya yang membahas tentang hukum waris dari seorang anak yatim piatu yang kedua orangtuanya meninggal bersamaan dalam kecelakaan. Contoh yang disampaikan Buya Yahya itu begitu mirip dengan apa yang dialami oleh mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah.

Dalam potongan ceramahnya itu, Buya Yahya menyampaikan bahwa orangtua korban, harus hati-hati dalam mengurus harta waris yang ditinggalkan mendiang. Lagi-lagi, ini juga memiliki kemiripan dengan problema yang dihadapi oleh Doddy Sudrajat, ayah mendiang Vanessa Angel.

Dalam videonya itu, Buya Yahya mengaku resah jika ada orangtua meributkan harta waris dari pasangan suami istri, yang memiliki seorang anak masih kecil.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sesuai Syariat

"Cuman kalau biasanya kasus begini, ada perempuan meninggal dunia, suami istri meninggal dunia begini, tabrakan terus (mobilnya) hancur. Kemudian punya anak yatim piatu, kalau ada bapaknya masih ribut harta warisan itu keterlaluan bener nih manusia. Mikir anak kecil ini, lho," kata Buya Yahya dilansir dari unggahan akun @insta_julid pada Minggu (19/12/2021).

"Jadi ingat, ini untuk siapa pun, kalau dalam pembagian waris masih ada anak kecil, hati-hati, jangan main-main. Pembagian warisan harus sesuai aturan, syariat. Setelah dibagi untuk dewasa oke, tapi untuk anak kecil harus dijaga," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Barang untuk Museum

Tak hanya itu, Buya Yahya juga menjelaskan hukum mengambil barang peninggalan mendiang dengan alasan untuk disimpan di museum. Ini juga persis sama dengan yang dilakukan Doddy Sudrajat.

"Nggak boleh baju ibunya, gelang, nggak boleh seenaknya diambil. Kalaupun anak kecil itu mengizinkan, izin anak kecil itu nggak dianggap. Haram kita ngambil hartanya," tegas Buya Yahya.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Dalam video itu, Buya Yahya memang tidak menyebut jelas nama dalam contoh kasus yang ia jelaskan. Hanya saja, di kolom komentar banyak yang kemudian menuliskan nama Doddy Sudrajat. Mereka ramai-ramai berharap Doddy Sudrajat mendengar penjelasan dari ceramah Buya Yahya itu.

"Tag Dody..Mayang..Chika..atau bini nya itu dong min," tulis @sryyy.wasih.

"Buyaaa tolong ajak pak Doddy pengajian," pinta @ellysaerlin.

"pak @doddysudrajat_ tolong diresapi tausiyah buya 🙏," tambah @fatma_isna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.