Sukses

BTS - Coldplay Cetak Rentetan Rekor Baru Berkat My Universe yang Debut di Billboard Hot 100

My Universe merupakan lagu BTS kelima yang debut di posisi pertama dalam Billboard Hot 100.

Liputan6.com, Los Angeles - BTS kini tampaknya sudah jadi langganan di tangga lagu Billboard Hot 100. Lagu kolaborasi mereka bersama Coldplay, "My Universe", tak cuma berhasil masuk di tangga lagu ini. Lagu ini bahkan langsung menduduki posisi jawara di minggu pertamanya.

Dilansir dari Soompi, Selasa (5/10/2021), BTS dan Coldplay berada posisi ini untuk tangga lagu tanggal 9 Oktober 2021.

Kolaborasi Jimin dkk dengan Coldplay meraih pencapaian ini berkat 11,5 juta streaming di Amerika Serikat, impresi pemutaran radio dengan poin 5,5 juta, serta kombinasi unduhan dan rilisan fisik senilai 127 ribu.

Alhasil, "My Universe" menjadi lagu keenam BTS yang menduduki peringkat pertama Hot 100.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Setelah The Beatles

Lagu mereka sebelumnya dengan pencapaian yang sama antara lain "Dynamite, "Savage Love (Laxed – Siren Beat)" bersama Jawsh 685 dan Jason Derulo, "Life Goes On," "Butter," dan terakhir "Permission to Dance."

Keenam lagu ini meraih posisi pertama hanya dalam jangka waktu sekitar setahun lebih sebulan. Pencapaian ini membuat mereka menjadi artis tercepat kedua setelah The Beatles yang membukukan rekor setahun lebih dua minggu pada 1964-1966.

3 dari 5 halaman

Kelima Kali Debut di Posisi Jawara

Tak cuma itu, "My Universe" juga merupakan lagu BTS kelima yang debut di posisi pertama dalam Billboard Hot 100. Ini membuat Jungkook dkk menjadi grup dengan lagu terbanyak yang debut dalam posisi ini.

Sementara untuk artis secara keseluruhan, BTS seri dengan Ariana Grande dan Drake.

4 dari 5 halaman

Lagu Pertama yang Tampilkan Dua Grup Utama

Karena "My Universe" menghadirkan BTS dan Coldplay dalam porsi yang sama, ada rekor lain yang dicatat lagu ini. "My Universe" merupakan lagu pertama di posisi nomor satu tangga lagu ini, yang menampilkan dua grup sebagai penampil utama.

Untuk Coldplay sendiri, "My Universe" adalah kali kedua mereka menduduki posisi pertama tangga lagu Hot 100. Sebelumnya, mereka melakukannya lewat "Viva La Vida" pada 2008.

5 dari 5 halaman

Tangga Lagu Billboard Lain

Selain di Ht 100, "My Universe" juga meraih posisi satu di tangga lagu Billboard Global 200 and Billboard Global di Luar Amerika Serikat.

Secara global, lagu ini meraih 95,4 juta streaming dan 142.400 unduhan antara 24-30 September. Sebanyak 84,4 juta streaming dan 90.500 unduhan berasal dari luar Amerika Serikat.

Ini adalah lagu keenam BTS yang meraih posisi pertama di Global 200, dan single kelima yang menempati urutan pertama Billboard Global di Luar Amerika Serikat. Sementara Coldplay, baru sekali ini memuncaki kedua tangga lagu tersebut.

Selamat, BTS dan Coldplay!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.