Sukses

Anak Nia Daniaty Bakal Diperiksa Polisi soal Dugaan Penipuan Senin 4 Oktober Mendatang

Polisi telah mengirim surat pemanggilan untuk anak Nia Daniaty, Olivia Nathania.

Liputan6.com, Jakarta Kasus hukum yang membelit Olivia Nathania memasuki babak baru. Putri Nia Daniaty itu akan diperiksa untuk kali pertama sebagai terlapor kasus dugaan penipuan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil jalur prestasi. 

Informasi ini disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. 

"Sudah kami kirim surat pemanggilannya. Nanti kemungkinan Senin (4/10/2021) akan diperiksa," kata Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis (30/9/2021).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kasus Dugaan Penipuan

Seperti diketahui, Olivia Nathania dan sang suami, Rafly N Tilaar atau Raf, dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Jumat 24 September 2021. Ia dituduh melakukan penipuan bermodus penerimaan CPNS, dengan dugaan korban mencapai 225 orang dan kerugian hingga Rp 9,7 miliar. 

Atas perbuatan Oli dan Raf dipersangkakan melanggar Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 263 KUHP.

3 dari 5 halaman

Palsukan Dokumen?

Beberapa waktu lalu, salah satu korban yang bernama Agustin, "bernyanyi" di depan wartawan mengenai kasus ini ditemani kuasa hukumnya, Odie Hadianto. 

Odie menyebutkan dugaannya bahwa putri Nia Daniaty yang akrab disapa Oi ini memalsukan dokumen negara untuk memuluskan aksinya. 

“Dua minggu sebelum kami membuat laporan, kami memastikan kepada BKN (Badan Kepegawaian Negara -red), ada enggak nama-nama ini sebagai CPNS di BKN? Mereka bilang tidak ada,” kata Odie Hudianto.

4 dari 5 halaman

Pengakuan Korban soal Dugaan Penipuan

Sementara Agustin mengaku tahu 16 korban penipuan ini, yang masing-masing menderita kerugian berbeda.

"Tergantung Olivia, ada yang awal pertama kali 25 juta, kemudian 30, 35, ada yang 40, ada yang 50 (juta rupiah) jadi beragam. Bahkan ada yang sampai 100 dan di atas 100 (juta rupiah) itu ada. Tapi yang jatuh di keluarga saya memang 30,” bebernya.

 

5 dari 5 halaman

Minta Bantuan Nia Daniaty

Pihak Agustin juga sudah menemui Nia Daniaty untuk minta bantuan menyelesaikan masalah ini. 

“Jadi saya sampaikan baik-baik terus Ibu Nia-nya menjawab: Titin maaf, Olivia itu sudah menikah jadi bukan menjadi tanggung jawab saya lagi. Itu jawaban dari Ibu Nia,” Agustin menjelaskan. Nia disebut sempat berjanji untuk membantunya menyelesaikan masalah. 

Namun saat Agustin mendatangi rumah penyanyi lawas ini pada hari yang dijanjikan, kediaman itu dijaga tiga orang pria yang tidak mengizinkannya masuk. (Ady Anugrahadi/Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.