Sukses

Rapper A Nayaka Berkolaborasi Bareng Musikus Malaysia dan Singapura di Lagu Berjudul Orang Lain

Liputan6.com, Jakarta - Lagu terbaru rapper Ariel Nayaka atau dikenal A Nayaka berjudul "Orang Lain" resmi dirilis di Indonesia. Dalam lagu tersebut, rapper muda Indonesia yang dikenal lewat lagu-lagu berbahasa Inggris, kembali meletakkan bahasa Ibu Pertiwi alias bahasa Indonesia.

"Dulu saya lebih banyak bermusik dalam bahasa Inggris, tetapi kali ini saya tetap dengan beat trap/hip-hop mencoba memperbanyak bahasa Indonesia," kata A Nayaka melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Rabu (23/6/2021).

Meski berbahasa Indonesia, A Nayaka tak sendirian membawakan lagu terbarunya. Ia diketahui menggandeng musikus asal Malaysia, SonaOne dan YHB Sleepsalot (Singapura).

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Awal Kerjasama

Kolaborasi antar negara ini tercipta berkat komunikasi akrab A Nayaka, SonaOne dan YHB Sleepsalot. Suatu hari, kata A Nayaka, SonaOne mengirimkannya sebuah beat tanpa hook dan verve. Bagian inilah yang kemudian disempurnakan A Nayaka.

 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Dikirim ke YHB Sleepsalot

Tanpa diketahui A Nayaka, SonaOne juga mengirimkan beat tersebut kepada YHB Sleepsalot. "Dan YHB hanya mengisinya dengan satu verse. Sona lalu terpikir untuk menggabungkan semuanya. Jadi kolaborasi ini sangatlah organik dan tanpa tekanan sama sekali," cerita A Nayaka.

 

 

 

4 dari 5 halaman

A Nayaka Terlibat dalam Mastering dan Cover Art

Selanjutnya, rangkaian lagu kolaborasi tiga negara ini dilakukan bersama-sama. A Nayaka, SonaOne dan YHB Sleepsalot memiliki bagian masing-masing dalam meramu lagu terbarunya menjadi menarik untuk disimak.

"Mayoritas aspek dari lagu ini saya yang kerjakan. Mixing dilakukan oleh Sona, mastering oleh saya dibantu rekan. Cover art saya buat bersama seorang teman, video lirik pun demikian," dia memaparkan.

 

 

 

 

5 dari 5 halaman

Proyek Perdana

A Nayaka puas dengan hasilnya. Ini kali pertama ia turun tangan langsung dalam penggarapan lagu yang tak dicampuri pihak ketiga.

"Saya justru senang bahwa tak banyak pihak ketiga yang terlibat dalam pengerjaan materi di rilisan ini, karena saya jadi benar-benar terlibat dalam segala aspek. Mungkin ini adalah proyek perdana di mana saya terjun langsung di hampir semua hal," dia memungkasi.