Sukses

Pangeran Harry Minta Restu Ratu Elizabeth II Pakai Nama Lilibet untuk Anaknya

Pangeran Harry minta izin menggunakan nama Lilibet, panggilan yang dibuat sendiri oleh Ratu Elizabeth II saat masih balita.

Liputan6.com, Los Angeles - Nama anak bungsu Pangeran Harry dan Meghan Markle, Lilibet Diana, mengundang perhatian banyak orang ketika diumumkan. Pasalnya, ini kombinasi dari dua nama wanita yang memilik peran besar dalam kehidupan Pangeran Harry.

"Lili dinamakan dari eyang buyutnya, Yang Mulia Ratu, yang memiliki panggilan Lilibet di keluarganya. Nama tengahnya, Diana, dipilih untuk memberi penghormatan kepada mendiang nenek tercinta, Sang Putri Wales," begitu pernyataan resmi kelahiran Lili.

Pangeran Harry tak begitu saja menggunakan nama panggilan sang nenek untuk anaknya. Dilansir dari Vanity Fair, Selasa (8/6/2021) ia sempat minta restu kepada Ratu Elizabeth II.

Hal ini diungkap oleh salah satu sahabat Pangeran Harry.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makna Spesial

"Ia sangat mencintai dan menghormati neneknya. Bagi Harry, dua nama ini sangat penting dan berarti," kata sumber anonim tersebut.

Nama Lilibet memiliki makna yang sangat spesial bagi Ratu Elizabeth II. Panggilan imut ini ia cetuskan sendiri saat masih berumur dua tahun.

3 dari 5 halaman

Awal Kemunculan Lilibet

Kala itu ia tak bisa mengucapkan nama lengkapnya, dan akhirnya memanggil diri sendiri sebagai Lilibet. Sebutan ini akhirnya terus melekat, digunakan oleh sang ayah, Raja George VI.

Suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip, juga memanggilnya Lilibet, dan juga sebutan sayang lain yakni "Cabbage" alias "Kubis".

 

4 dari 5 halaman

Hubungan Baik dengan Nenek

Meski Pangeran Harry tengah bersitegang dengan anggota Kerajaan Inggris, ia berulang kali menekankan bahwa hubungannya dengan sang nenek sangat baik.

Saat tampil di acara The Late Late Show bersama James Corden, ia bercerita bahwa keluarganya masih rutin menelepon Ratu Elizabeth II.

Tahun lalu si sulung Archie juga mendapat kado Natal dari sang eyang buyut.

"Nenekku bertanya apa yang diinginkan Archie untuk Natal, dan Meg bilang pembuat kue waffle. Jadi nenekku mengirimkannya untuk Archie," kata dia kala itu.

 

5 dari 5 halaman

Kabari Nenek Sebelum Bikin Pengumuman

People juga mengonfirmasi bahwa ia lebih dulu mengabari sang nenek mengenai kelahiran Lilibet Diana, sebelum membuat pengumuman ke publik. 

Seperti diketahui, Lili lahir pada Jumat (4/6/2021), dan pengumuman kelahirannya baru disiarkan dua hari kemudian. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.