Sukses

Audiensi dengan Insan Film Indonesia, Menteri Airlangga Hartarto Dukung Kampanye Kembali ke Bioskop

Bertemu pekerja seni dari Joko Anwar hingga Dian Sastrowardoyo, Airlangga Hartarto sampaikan komitmen selamatkan film dan bioskop Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ada sejumlah catatan menarik dari audiensi dengan insan film Indonesia yang mengusung topik “Strategi Industri Film ikut Dalam Pemulihan Ekonomi” di Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Audiensi ini mempertemukan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dengan sejumlah insan film di antaranya, Mira Lesmana, Dian Sastro, Wicky Olindo, Joko Anwar, Dewinta Hutagaol, Sunil Samtani, Chand Parwez, dan Angga Dwimas Sasongko.

Merespons fakta, data, dan usulan sejumlah insan film, Airlangga Hartarto menyatakan kesiapan Pemerintah Indonesia mendukung pemulihan industri film dan bioskop Tanah Air. Ia juga telah membaca usulan alokasi dana pemulihan ekonomi nasional untuk sektor perfilman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Data-data Konkret

“Dari audiensi ini saya memang berharap bisa mendapat data-data konkret dan akuntabel sehingga bisa mendukung Pemerintah dalam mengambil keputusan, khususnya kebijakan mendukung pemulihan di sektor perfilman,” kata Airlangga.

Lewat siaran pers yang diterima Showbiz Liputan6.com, Sabtu (20/3/2021), Airlangga menyebut bioskop sudah dapat dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan. Sayang, antusiasme masyarakat kembali ke bioskop belum 100 persen pulih.

3 dari 5 halaman

Pemerintah Dukung Penuh

“Pemerintah mendukung penuh upaya kampanye menonton di bioskop yang aman, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Saya berharap bioskop-bioskop bisa lebih gencar menggaungkan bahwa nonton di bioskop tetap aman dengan memperhatikan protokol kesehatan,” urainya.

“Kalau stigma (bahwa menonton di bioskop dengan mematuhi protokol kesehatan adalah aman) bisa sampai ke publik, mereka akan kembali ke bioskop. Penuhi persyaratan itu, nanti akan kita dorong,” Airlangga menambahkan.

 

4 dari 5 halaman

Daftar Negatif Investasi

Fakta lain yang terungkap dalam audiensi, yakni sejak industri film diangkat dari Daftar Negatif Investasi tahun 2016, industri layar lebar Tanah Air melonjak hingga 20 persen dari aspek investasi.

Selanjutnya industri film Indonesia bertumbuh kemudian masuk dalam 10 industri film terbesar di dunia. Ini pencapaian tertinggi sepanjang sejarah industri perfilman Indonesia. 

5 dari 5 halaman

Prestasi yang Digarisbawahi

“Ini prestasi yang perlu kita garis bawahi karena tumbuh secara organik. Maksudnya belum banyak campur tangan pemerintah selain dicabutnya film dari daftar negatif investasi,” beri tahu Dian Sastrowardoyo.

Menutup audiensi, para insan film yang hadir sepakat membuat lebih rinci lagi terkait ide-ide yang telah disampaikan. Rincian tersebut akan disusun oleh working group yang ada didukung riset-riset seperti yang diminta Pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.