Sukses

Viral Video Panas Mirip Gisel, Zaskia Adya Mecca Ingatkan Soal Gibah dan Fitnah

Berbareng dengan viralnya video panas mirip Gisel, Zaskia Adya Mecca tiba-tiba membahas hadis perihal gibah. Ada apa?

Liputan6.com, Jakarta Video panas mirip Gisel alias Gisella Anastasia menggelinding bagai bola salju. Sejumlah pihak buka suara, dari Gisel sendiri, pengacara sampai pihak Kemenkominfo hendak turun tangan.

Saat video berdurasi belasan detik ini ramai dibahas warganet, Gisel dan putrinya, Gempita Nora Marten, tengah pelesir ke Sumba, NTT. Gisel telah buka suara dan mengaku bingung bagaimana mesti bersikap.

Gisel tak mengonfirmasi soal perempuan yang ada dalam video itu. Ia hanya minta doa agar video viral ini segera berlalu. “Cuma ya sudah enggak apa-apa dihadapi saja. Mohon doanya ya, biar bisa cepat lewat,” kata Gisel kepada media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Gibah?

Sejumlah selebritas buka suara perihal video meski tak menyebut spesifik video apa yang dimaksud. Di tengah kehebohan, mendadak Zaskia Adya Mecca mengingatkan publik soal bahaya gibah dan fitnah. Ia mengutip sebuah hadis.

Dari Abu Huraiah, ia berkata, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pernah bertanya, ‘Tahukah kamu, apa itu gibah?’ Para sahabat menjawab, ‘Allah dan rasulnya lebih tahu,’” cuit Zaskia Adya Mecca.

3 dari 5 halaman

Membicarakan Saudaramu

Kisah ini diunggah bintang film Ayat-ayat Cinta dan Sang Pencerah di akun Instagram terverifikasi miliknya, Minggu (8/11/2020) dengan latar hitam polos. Hadis itu pun menjelaskan definisi gibah. 

Kemudian Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, ‘Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak ia sukai,’” papar ibu lima anak ini panjang.

4 dari 5 halaman

Menuduh Tanpa Bukti

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam berkata Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu tentang dirinya, maka berarti kamu telah menggibahnya (menggunjingnya),” Zaskia Adya Mecca mengutip.

Namun apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya, maka berarti kamu telah memfitnahnya (menuduh tanpa bukti),” Zaskia Adya Mecca mengakhiri kutipannya. Nyonya Hanung Bramantyo mengajak masyarakat tak perlu cari tahu, membahas, bertanya atau sekadar mengonfirmasi. 

5 dari 5 halaman

Masih Banyak Kekurangan Diri

Apalagi yang dikonfirmasi bukan urusan kita dan tidak ada faedah untuk diri sendiri. Berdasarkan pantauan Showbiz Liputan6.com di Twitter dan kolom komentar sejumlah akun gosip Instagram, banyak warganet mengklaim punya potongan video panas mirip Gisel.

Masih banyak kekurangan akan diri, buat apa sibuk membahas juga mencari tau kekurangan orang lain... Karna pada akhirnya kita akan bertanggung jawab akan urusan masing2 dihadapan Allah SWT,” Zaskia Adya Mecca mengingatkan diri sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.