Sukses

Sineas Pixar Selesaikan Soul dari Rumah, Ujung-ujungnya Bikin Film Dokumenter

Pandemi Covid-19 membuat tim terpaksa menyelesaikan Soul dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Corona Covid-19 yang melanda dunia memaksa sebagian pekerja untuk bekerja dari rumah alias WFH, termasuk kru Pixar saat menyelesaikan Soul.

Dalam konferensi pers virtual film Soul yang digelar beberapa waktu lalu, para sineas film animasi ini mengungkap pengalamannya. Produser Dana Murray menyebutkan kala itu mereka masih memiliki waktu produksi sekitar tujuh minggu.

"Kami sangat beruntung dan diberkahi karena bagian akhirnya sangat bersifat teknis, jadi orang-orang tinggal membawa peralatan mereka pulang," tuturnya.

Ia menambahkan, persiapan teknis bagi tim Soul untuk memindahkan tempat kerja dari kampus Pixar menjadi di rumah, hanya memakan waktu sehari-dua hari.

"Tim sistem kami sangat hebat. Dan mereka semua pantang menyerah," tuturnya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bikin Film Dokumenter

 

Namanya juga pekerja kreatif, kondisi WFH justru memunculkan ide baru di kepala mereka. Sineas Pixar ujung-ujungnya membuat sebuah film dokumenter tentang pengalaman mereka.

"Yeah, kami akhirnya membuat sebuah film dokumenter tentang proses menyelesaikan Soul dari jauh, dan itu nantinya akan keluar dalam waktu dekat," tutur co-director Kemp Powers sambari tertawa. 

3 dari 5 halaman

Tak Bisa Kumpul Bareng

Hanya saja, ada satu hal yang tak bisa mereka lakukan. Yakni tradisi berkumpulnya semua kru di sebuah bioskop besar, saat film mereka telah rampung 100 persen.

"Aku baru-baru ini menyadari bahwa selain segelintir orang, mayoritas kru yang mengerjakan Soul belum menyaksikan filmnya yang telah rampung. Kami belum bisa membaginya bersama tim yang mengerjakannya," tuturnya.

"Kalau dipikirkan, ini terasa aneh," tuturnya menambahkan.

4 dari 5 halaman

Makin Mengenal Rekan Kerja

Namun di sisi lain, sineas Pixar merasa makin kenal satu sama lain, terutama hal-hal yang tak terungkap di kantor.

"Hikmahnya adalah mengetahui kehidupan masing-masing. Seperti melihat anak-anak mereka, bintang peliharaan mereka, dan apa yang sedang terjadi pada mereka lewat rapat di Zoom," tutur Dana Murray.

5 dari 5 halaman

Sinopsis Soul

Soul sendiri berkisah tentang Joe (Jamie Foxx), seorang pria yang telah lama bercita-cita menjadi seorang pianis jazz. Namun hidup membawanya ke arah lain, ia menjalani harinya sebagai guru musik di sekolah, meski diam-diam ia masih mendamba mimpi lamanya.

Saat sebuah kesempatan emas menghampirinya, ia justru jatuh ke alam The Great Before. Ia ditugaskan membimbing jiwa nomor 22 (Tina Fey) yang akan dilahirkan ke dunia, untuk mencari tujuan dan bakat dalam hidupnya nanti.

Hanya saja, 22 rupanya ogah dilahirkan ke dunia. Di sisi lain, Joe terus mencari cara untuk bisa kembali ke kehidupannya, demi mengejar impian yang hampir lepas dari genggamannya.

Di Indonesia, Soul ditayangkan via platform streaming Disney+ mulai 25 Desember mendatang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.