Sukses

6 Profesi Sule Sebelum Jadi Komedian Kaya Raya, Termasuk Kuli Bangunan dan Cari Rongsokan

Liputan6.com, Jakarta Di kediamannya yang luas dan megah, Sule megenang masa susah sebelum berkarier di dunia seni dan masa kecilnya. Sule cilik dibesarkan ayahnya, almarhum Dodo Mulyana, di lingkungan seni.

Sule mengakrabi wayang golek, degung, calung, reog, dan kesenian tradisional lain. Ia juga bisa memainkan sejumlah alat musik seperti kecapi, suling, dan kendang.

Sebelum sukses menjadi komedian, Sule menjajal sejumlah profesi. “Awalnya dulu tuh gue penari. Penari jaipongan,” bintang film Hong Kong Kasarung dan Sule Detektif Tokek memberi tahu.

 

2 dari 5 halaman

Jadi Kuli Bangunan

Waktu membawa Sule menemukan karakter melawak. Komedian bernama asli Entis Sutisna belajar melawak saat mengapresiasi kesenian tradisional seperti wayang golek, calung, dan jaipong.

“Gue tuh sudah apa saja kerjaannya. Gue kerja bangunan sudah pernah, tukang bangunan. Jadi kenek angkot sudah pernah. Supir sado dan becak sudah pernah,” Sule memaparkan.

3 dari 5 halaman

Jadi Guru Honorer

“Jadi guru honorer sudah pernah, ya guru honorer begitu. Apa saja sih, gue di jalanan beberapa tahun. Otak gue diajari untuk berbisnis sama orangtua gue. Awalnya gue cita-cita masuk televisi,” ujarnya.

Ayah Rizky Febian menceritakan ini dalam video bertajuk “Sule dan Nathalie Holscher Siap Menikah?” yang mengudara di kanal YouTube Melaney Richardo, Rabu (30/9/2020).

 

4 dari 5 halaman

Cari Rongsokan Kaleng Beling

“Gue nyari rongsokan kaleng beling dan yang lain-lain pernah. Itu hanya sekadar buat makan dan jajan. Tapi tetap cita-cita gue pengin jadi penghibur,” artis kelahiran Cimahi, 15 November 1976 menyambung.

Dari umur empat tahun, Sule bermimpi ingin menjadi sang penghibur. Siapa sangka impiannya terwujud. Selain komedian, kini Sule menjadi YouTuber dan memandu sejumlah program layar kaca. 

5 dari 5 halaman

Strategi Berkarier

Mantan wayang Opera Van Java ini punya strategi dalam mengatur waktu agar bisa menjalankan banyak profesi sekaligus. Itu sebabnya Sule bisa mengunggah 2 konten YouTube setiap hari.

“(Konten) YouTube tayang atau publish itu satu hari dua. Gue ada momen pas, misalnya lagi syuting, Maria Vania nih, (bisa buat konten) ontrog, ngobrol bla-bla-bla. Lagi main ke rumah Ari Lasso, dekat nih sama rumah Andre, sikat,” pungkasnya.