Sukses

Indonesia Ranking 3 Negara Paling Ceriwis di Twitter soal K-Pop

Coba tebak, kira-kira siapa lima artis yang paling banyak dicuitkan pengguna Twitter Tanah Air?

Liputan6.com, Jakarta - Tak usah diragukan lagi, Indonesia adalah salah satu negara dengan populasi penggemar K-Pop yang besar. Lihat saja, para idola Negeri Ginseng yang tengah melakukan tur di Asia, banyak yang mampir ke Indonesia.

Bukti lain terlihat dari data yang baru saja dirilis Twitter, Selasa (22/9/2020). Menyambut 10 tahun #KpopTwitter, media sosial berlogo burung biru ini bekerja sama dengan K-Pop Radar, membagikan data-data soal pembicaraan mengenai topik ini di dunia.

"K-Pop dan Twitter tumbuh berdampingan selama satu dekade ke belakang, dan meski muncul pandemi Covid, ada 6,1 miliar cuitan yang berhubungan dengan K-Pop di seluruh dunia selama 12 bulan ke belakang," tulis Kim Yeonjeong, Head of Global K-pop, dalam blog resmi Twitter.

Twitter juga membagikan sejumlah data soal negara-negara yang paling riuh bercuit tentang K-Pop. Datanya, diambil dari kurun waktu 1 Juli 2019 sampai 30 Juni 2020.

Ternyata, Indonesia masuk dalam ranking yang lumayan tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ranking Empat soal Pengguna

Dalam hal banyaknya akun Twitter unique yang bercuit tentang K-pop, Indonesia rupanya berada dalam urutan keempat.

Urutan teratas berturut-turut ditempati Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan.

3 dari 5 halaman

Ranking 3 soal Volume Cuitan

Sementara dalam hal volume cuitan, Indonesia masuk sebagai negara ketiga yang paling ceriwis. Hanya ada dua negara di atas kita, yakni Thailand dan Korea Selatan.

BTS, EXO, TXT, NCT 127 dan Stray Kids adalah lima artis yang paling banyak dicuitkan pengguna Twitter Tanah Air. 

4 dari 5 halaman

Perubahan Peta Percakapan

Sementara itu, Twitter juga menyampaikan dinamika percapakan yang ramai dibicarakan penggunanya selama satu dekade ke belakang.

Sepuluh tahun lalu, nama besar seperti Super Junior, Bigbang, dan SNSD yang mendominasi percakapan di Twitter. Masuk tahun 2013, peta percakapan mulai berubah. Nama EXO dan GOT7 mulai jadi sorotan.

Data terbaru, nama yang sering dibicarakan di Twitter adalah BTS, EXO, GOT7, Blackpink, dan NCT 127.

5 dari 5 halaman

Yang Paling Bertumbuh

Twitter juga membagikan 10 artis K-Pop yang paling banyak di-mention. Selain kelima nama di atas, ada pula Monsta X, Seventeen, NCT Dream, Twice, dan Stray Kids.

Sementara 10 akun yang pertumbuhannya paling melesat di Twitter adalah Stray Kids, Ateez, TXT, Iz*One, SuperM, AB6IX, WayV, CIX, Loona, dan Itzy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.