Sukses

Ahmad Dhani Sebut Seniman Seperti Pelaku Industri Lainnya Butuh Pemerintah yang Suportif

Liputan6.com, Jakarta - Ahmad Dhani memberikan tanggapannya mengenai fenomena K-Pop dan K-drama yang belakangan ini digandrungi masyarakat Indonesia. Sementara itu dalam sebuah kesempatan akhir pekan lalu, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, berharap masyarakat Indonesia dapat terinspirasi dari Korea Selatan dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri.

Berkenaan dengan itu, Ahmad Dhani selaku musisi kenamaan di Indonesia menyatakan bahwa musisi Indonesia sebenarnya memiliki kualitas lebih daripada musisi Korea Selatan. Hanya saja, musisi Indonesia tidak mendapat dukungan yang cukup dari pemerintah.

Hal itu disampaikan Ahmad Dhani kepada Liputan6.com pada Senin (21/9/2020).

 

2 dari 4 halaman

Lebih Bermutu

"Musisi Indonesia jauh lebih bermutu daripada Korea Selatan. Hanya saja selama ini belum ada presiden yang punya skill soal Industri Dunia," kata Ahmad Dhani.

 

3 dari 4 halaman

Dukungan Pemerintah

Hal itu berbanding terbalik dengan Korea Selatan. Ahmad Dhani menilai keberhasilan industri musik Korea Selatan di dunia tak lepas dari dukungan pemerintahnya kepada musisi-musisinya.

"Konserl sudah memulai dengan industri mobil 20 tahun lalu. Industri mobil Indonesia masih fiksi. Disiapkan dana besar untuk memajukan musik nasional Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan serius untutk mengangkat industri musik Korea Selatan menjadi masuk ke industri musik dunia," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Saran

Untuk itu, Ahmad Dhani menyarankan pemerintah untuk mengisi kursi pemerintahan dengan orang-orang yang memahami soal industri dunia. Yang bisa memberikan dukungan kepada musisi Tanah Air untuk bisa mendunia.

"Untuk saat ini, cari menteri yang paham soal Industri Dunia. Seniman seperti pelaku industri pada umumnya butuh pemerintahan yang suportif," ungkapnya lagi.