Sukses

Anies Baswedan Ikut Tanggapi Ucapan Youtuber Indah G yang Sebut Bahasa Indonesia Miskin Kosakata

Topik tentang Bahasa Indonesia yang miskin kosakata itu bukanlah hal baru. Anies Baswedan pernah menyinggung hal tersebut saat hadir di podcast Deddy Corbuzier pada 2019 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Artis Cinta Laura dan YouTuber Indah Gunawan alias Indah G sedang ramai jadi perbincangan setelah obrolan mereka tentang kosakata Bahasa Indonesia. Dalam cuplikan video podcast The Indah G Show yang beredar luas di Twitter (X), mereka membahas soal Bahasa Indonesia yang miskin kosakata.

Dalam episode terbaru di akun YouTube Indah G Show, Indah G dan Cinta yang jadi bintang tamu membahas perbedaan antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Mereka setuju bahwa bahasa Inggris lebih efisien karena dapat langsung menuju inti pembahasan, sementara bahasa Indonesia perlu lebih banyak penjelasan.

"Bahasa Indonesia itu sebenarnya adalah bahasa yang miskin kosakata, dan itu sangat benar, terutama dibandingkan dengan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris," kata Indah.  Pernyataan Indah itu sontak mengundang kritik dari warganet. Tak sedikit yang berbeda pendapat dengan wanita lulusan Loyola Marmount University, Los Angeles, California itu.

Namun sebenarnya, topik tentang Bahasa Indonesia yang miskin kosakata itu bukanlah hal baru. Capres di Piplpres 2024 Anies Baswedan pernah menyinggung hal tersebut saat hadir di podcast 'Close The Door' Deddy Corbuzier di akun Youtube Deddy Corbuzier pada 2019 lalu.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI itu menyoroti fenomena masyarakat sekarang yang berbicara dengan mencampur Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Salah satu akar masalahnya, menurut Anies adalah kurangnya kosakata di Bahasa Indonesia.

"Yang kita harus dorong ini Bahasa Indonesia harus diperkaya, supaya kosakata lebih banyak, karena memang bahasa muda," terangnya.  Bahasa Inggris itu bro, tau berapa kosakatanya? 1 juta. Kita 100 (ribu) lebih. Nah kita harus nambahin itu," sambungtnya.

Saat masih menjabat sebagai menteri pada 2014-2016, ia membuat program agar orang-orang bisa mengusulkan kosakata baru. Caranya, Kemendikbud membuat laman khusus untuk mendaftarkan kosakata yang diserap dari bahasa daerah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyerap Kekayaan Bahasa Daerah

"Tidak ada bangsa lain di dunia yang punya kekayaan bahasa daerah seperti kita, kenapa itu nggak diserap? Karena banyak bahasa Indonesia tidak punya terjemahannya. Misalnya unyeng-unyeng," kata Anies saat itu.

Cuplikan video podcast lawas Anies dengan Deddy yang diunggah warganet ini langsung ditanggapi oleh Anies. "Saya jawab sendiri deh. Padanan unyeng-unyeng dalam bahasa Indonesia adalah: pusar rambut. Kalau mau mengusulkan entri baru untuk KBBI bisa lewat situs berikut, tapi harus mendaftar dulu ya," tulis Anies di akun X pada Jumat, 5 April 2024.

Cuitan itu mendapat banyak tanggapan dari warganet. Sebagian besar setuju dengan pendapat mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"True sih gue orang sunda kadang bingung pas ditanyain bahasa Indonesianya kabita sama ngabuburit," komentar seorang warganet.

"Jadi inget pernah dengerin di salah satu podcast, beliau ambil jaklingko dari kosakata bahasa daerah juga kata 'lingko' nya. Beliau memang konsisten sih.," kata warganet lain.

"KBBI itu emang setiap tahunnya selalu diperbaharui bang, ditambah terus. Kalo gak salah sekarang 200rb an. Tapi kalo mau dibandingin sama jumlah kosa kata bahasa Inggris jelas kalah jauh. Kalo secara usia aja B. Indonesia itu masih bau kencur dan B. Inggris udah bau tanah,” sebut warganet yang lain..

 

 

3 dari 4 halaman

Tema Podcast Indah G

"Masih ingat kalau pak Anies akan mengusulkan memperbanyak bahasa Indonesia tapi malah dinyinyirin golongan 58%," ujar warganet lainnya.

"Terlalu banyak yang benci statement @itsindahg karena terbawa arus FYP tiktok tanpa berpikir objektif dulu apakah itu benar atau salah data-datanya," timpal warganet lainnya.

Lewat Tiktok, Reels, dan Youtube, Indah G memang kerap mengangkat tema podcast tentang feminisme, demokrasi, hingga isu-isu agama. Bahkan video-videonya kerap trending yang membuat pemilik nama asli Indah Gunawan ini semakin dikenal di jagat maya. Sebagai konten kreator cukup dekat dengan beberapa publik figur seperti Cinta Laura.

Sementara itu, kosakata adalah kumpulan kata-kata yang digunakan dalam sebuah bahasa. Melansir kanal Hot Liputan6.com, 29 November 2023, dalam konteks bahasa Indonesia, kosa kata ini seringkali terdiri dari kata-kata yang jarang digunakan sehari-hari, namun memiliki makna dan keindahan puitis tersendiri.

Contoh-contoh kosa kata bahasa Indonesia yang jarang diketahui antara lain adalah "gemulai" yang berarti lincah dan anggun, atau "serunai" yang berarti suara yang menyentuh hati. 

4 dari 4 halaman

Kosakata Penuh Makna dan Puitis

Cara untuk mencari kosa kata baru bisa dilakukan dengan membaca literatur, puisi, atau karya sastra, serta melalui internet atau kamus. Kemampuan untuk menguasai kosa kata yang kaya dan beragam akan memperkaya ekspresi berbahasa seseorang dan memperluas pemahaman terhadap makna-makna dalam bahasa Indonesia.

Kosakata bahasa Indonesia punya ciri-ciri yang unik, penuh makna, dan puitis. Ciri-ciri kosakata tersebut bisa dilihat dari penggunaan kata-kata yang jarang diketahui namun memiliki makna yang dalam dan indah.

Kosakata unik ini seringkali memiliki asal kata dari bahasa daerah atau bahasa asing yang telah menjadi bagian dari bahasa Indonesia. Contoh kosakata yang jarang diketahui namun penuh makna antara lain, "senja," "rindu," "sirna," dan "sepi."

Kata-kata ini mampu menggambarkan suasana atau perasaan dengan penuh makna dan puitis. Selain itu, ciri kosakata tersebut juga bisa dilihat dari penggunaan dalam sastra atau puisi, yang mampu memberikan nuansa yang mendalam dan emosional bagi pembaca.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.