Sukses

Idap Placenta Previa, Alice Norin Cerita Perjuangan saat Hamil hingga Melahirkan Anak Kedua

Bukan perkara mudah buat Alice Norin saat mengandung dan melahirkan putri keduanya.

Liputan6.com, Jakarta Alice Norin baru saja melahirkan anak keduanya pada 9 September 2020. Alice Norin memberi anaknya yang berjenis kelamin perempuan sebuah nama cantik, Alana Naira Nawi.

Bukan perkara mudah buat Alice Norin saat mengandung dan melahirkan putri keduanya. Sebab ia sempat divonis mengalami Placenta Previa yakni keadaan plasenta atau ari-ari yang tumbuh terlalu dalam di dinding rahim, sehingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir.

Yang membahayakan, kondisi langka yang dialami Alice Norin ini bisa menyebabkan pendarahan hebat baik sebelum atau sesudah melahirkan.

"Mau sedikit sharing soal proses lahiran Alana yang buat aku pribadi super challenging, tapi alhamduillah lancar melewati tantangan di kehamilan yang kedua ini... I'm a Placenta Previa Totalis Accreta survivor." tulis Alice Norin melalui akun Instagramnya . Sabtu (12/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dokter Ahli

Karena kondisi tersebut Alice Norin diharuskan konsultasi dengan doktes ahli. Mengingat apa yang dialami bisa mengancam jiwanya.

"Di awal kehamilan, aku didiagnosis mengalami kondisi placenta previa yang mengharuskan aku untuk konsultasi dengan beberapa dokter ahli. Setelah beberapa kali konsul, ternyata ada kondisi accreta juga, dimana kasus accreta ini jarang terjadi," tulis Alice Norin.

"Beruntung, karena aku tau di awal sejak masa kehamilan sehingga aku dan dokter setidaknya bisa antisipasi worst case scenario yg mungkin terjadi," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Kehilangan Darah

Benar saja, apa yang ditakutkan terjadi. Saat hamil Alice Norin sempat mengalami pendarahan. Saat melahirkan pun, ia kembali kehilangan banyak darah dan membuatnya terpaksa menjalani perawatan intensif sebelum bertemu dengan buah hatinya.

"Dokter wanti2 sejak awal kalo saat lahiran mempersiapkan diri karena kemungkinan akan banyak terjadi pendarahan... And it happened, aku kehilangan darah sampai 3 liter selama proses lahiran. Setelah lahiran pun, aku blm bisa lgsg ketemu baby ANL #2 karena harus masuk ICU 2 hari gara2 kehilangan banyak darah. Setelah ketemu pun belum bisa langsung menyusui karena dokter bilang ada obat keras yang aku konsumsi karena kondisi aku dan tidak dianjurkan untuk menyusui," beber Alice.

4 dari 4 halaman

Bersyukur

Kendati demikian Alice Norine mengaku bersyukur proses persalinannya lancar tanpa kurang satu apa pun. Hal buruk yang sempat ia takutkan juga tak terjadi.

"Alhamdulillah, proses kelahiran Alana sukses tanpa kurang apapun, tanpa perlu angkat rahim," tulisnya.

"Aku bersyukur sekali bisa melewati masa-masa kritis ini. Sekedar pengingat untuk teman-teman mommies yang mungkin sedang hamil, untuk selalu rutin cek kehamilan karena lebih baik mengantisipasi apa yang mungkin terjadi. Semoga sehat selalu dan terimakasih atas doa dan ucapan yang sudah diberikan!" lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.